Mangupura (Antaranews Bali) - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung, Bali, menggelar Diklat Kesamaptaan bagi petugas pemadam kebakaran di kawasan Pusat Pemerintahan Badung.

"Kegiatan ini?kami gelar untuk memberi penguatan dari segi fisik maupun mental bagi pasukan pemadam kebakaran," ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Badung, I Wayan Wirya, Jumat.

Ia mengatakan petugas damkar harus terus meningkatkan kemampuannya agar mereka dapat semakin baik melayani masyarakat dalam penanggulangan bahaya kebakaran sehingga mampu mencegah dan menanggulangi bahaya kebakaran secara lebih cepat dengan selamat.

"Kami harapkan pengetahuan yang diperoleh saat mengikuti diklat akan dapat meningkatkan keterampilan dan juga menambah semangat dan dedikasi pasukan dalam melindungi masyarakat dari bahaya kebakaran,? ujarnya.

Wayan Wirata menambahkan, dalam kegiatan pelatihan tersebut, para peserta juga diberikan materi pencerahan keagamaan untuk penguatan rohani bagi pasukan pemadam.

"Penguatan rohani merupakan hal yang penting karena petugas damkar, selain harus memiliki ketahanan fisik yang baik, mereka juga wajib mempunyai kondisi mental yang baik," ujarnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Badung, Ida Bagus Yoga Segara, mengatakan bahaya kebakaran merupakan salah satu bahaya yang sangat besar yang bisa datang setiap saat dan mengancam masyarakat.

"Oleh karena itu, sudah seharusnya kami memiliki tenaga-tenaga handal pada Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung, untuk mengantisipasi bahaya dari kebakaran," katanya.

Yoga Segara juga berharap, materi yang diberikan dapat mempertajam kemampuan pasukan pemadam kebakaran terhadap segala kemungkinan bahaya yang dapat terjadi.

"Kami juga meminta seluruh peserta agar mengikuti diklat Kesamaptaan ini dengan serius dan bersungguh-sungguh karena kegiatan ini sangat bermanfaat dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran di wilayah kabupaten Badung dan sekitarnya," ujarnya.

Kegiatan Diklat kesamaptaan tersebut berlangsung pada 23-26 Maret dan dibagi dalam dua tahap dan mendatangkan instruktur dari Dinas Kebakaran Kabupaten Malang dan?SAR Denpasar. (ed)
 

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018