Denpasar (Antaranews Bali) - SMK Penerbangan Cakra Nusantara, Denpasar, Bali, menerapkan proses pembelajaran secara e-learning (pembelajaran daring) dan Ujian Kenaikan Kelas (UKK) berbasis daring/online yang disebut "Computer Based Test (CBT)".
    
"Hal itu karena kami berkomitmen menggunakan Kurikulum 2013 yaitu 70 persen praktik dan 30 persen teori, sehingga mengharuskan taruna-taruni untuk melakukan Praktek Lapangan Kerja (PKL)," kata Penanggung Jawab bidang Kurikulum SMK Penerbangan itu, Ni Made Yuning Sari Parwati, S.Pd, di Denpasar, Kamis.
    
Agar PKL tidak mengganggu proses pembelajaran secara teori, maka SMK Penerbangan "Cakra Nusantara" Bali melaksanakan pembelajaran melalui e-learning. E-learning merupakan suatu sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi dalam proses belajar mengajar dengan sistem elektronik atau komputer/gadget sehingga mampu mendukung proses pembelajaran.
    
Proses pembelajaran jarak jauh dengan menggabungkan prinsip-prinsip antara proses pembelajaran dengan teknologi serta sistem pembelajaran itu memang tanpa harus bertatap muka secara langsung antara guru dengan siswa.
    
"Sebagian siswa yang masih mengikuti PKL bisa mengikuti UKK dengan sistem online yang disebut CBT atau ujian berbasis komputer atau smartphone dengan sistem yang dikerjakan siswa tidak ada yang sama," katanya.
    
Adapun yang perlu disiapkan siswa menjelang UKK adalah mengulang pelajaran atau mempelajari lagi catatan yang sudah diberikan dan membahasnya kembali soal-soal yang telah diberikan oleh guru.
    
"Semua dilakukan SMK Penerbangan Cakra Nusantara untuk mengimbangi tuntutan pasar dunia kerja, khususnya dalam bidang penerbangan, melalui program sekolah berbasis kelas Industri Penerbangan dengan empat program keahlian," katanya.
    
Empat program keahlian yang dimiliki adalah Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (Bandara), Pemeliharaan dan Perbaikan Motor dan Rangka Pesawat Udara (Airframe Power Plant), Pemeliharaan dan Perbaikan Instrumen Elektronika Pesawat Udara (Electrical Avionics), Teknik Telekomunikasi (Penerbangan).
    
"Dengan empat program tersebut, nantinya taruna-taruni SMK Penerbangan Cakra Nusantara diharapkan akan semakin mampu mengikuti perkembangan dunia Industri Penerbangan," kata salah satu pimpinan SMK di bidang Penerbangan dan Kedirgantaraan yang beralamat di Jalan Drupadi nomor 27, Denpasar, Bali (telepon 0361-4742600) itu. (ed)

Pewarta: ANTARA News Bali

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018