Negara (Antaranews Bali) - Pemerintah Kabupaten Jembrana, menertibkan pedagang durian yang banyak berjualan di trotoar dengan menyelenggarakan festival khusus buah tersebut.
    
"Festival durian akan berlangsung selama empat hari mulai tanggal 14 Februari hingga 18 Februari," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan Dan Koperasi Jembrana Made Budhiarta, di Negara, Selasa.
    
Ia mengatakan, festival ini akan menggunakan areal parkir Peken Ijogading di pusat Kota Negara, sekaligus untuk mengarahkan pedagang durian berjualan di lokasi tersebut.
    
Menurutnya, banyak manfaat bisa diperoleh dari festival ini, selain pedagang lebih tertib juga untuk mengenalkan komoditi durian hasil perkebunan Jembrana.
    
Dalam festival ini, katanya, akan diselenggarakan kontes buah durian, serta makan bersama-sama buah tersebut. Di lapangan, pada musim durian seperti sekarang, puluhan pedagang berderet di beberapa lokasi trotoar di seputaran Kota Negara.
    
Budhiarta berharap, setelah festival ini mereka berjualan di Peken Ijogading, sehingga tidak mengganggu atau melanggar peraturan dengan berjualan di atas trotoar.(GBI)

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018