Semarapura (Antaranews Bali) - Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Pemkab Klungkung, Bali, mempromosikan dan membangkitkan kejayaan kain tenun khas Klungkung, lewat peragaan busana bertajuk "Semarapura Fashion Day".

"Kegiatan ini bertujuan membangkitkan kejayaan kain tenun Khas Klungkung seperti Endek, Rang Rang, Cepuk serta songket," kata Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam kegiatan yang digelar di depan Monumen Puputan Klungkung, Jumat malam itu.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, yang merupakan pencetus kegiatan ini menjelaskan peragaan busana yang mengusung tema "The Hearth of Tenun Klungkung" itu memamerkan berbagai busana berbahan kain Endek khas Kabupaten Klungkung.

"Klungkung sebagai asal dari kain Endek harus mampu bangkit dan meraih kejayaannya ditengah majunya perkembangan kain Endek di berbagai daerah lain di Bali," ujar Bupati Suwirta?.

Ia menambahkan Pemkab Klungkung berupaya meningkatkan kunjungan Pasar Seni Semarapura yang merupakan pusat pemasaran kain khas Klungkung dengan meningkatkan fasislitas pasar dan kenyamanan pengunjung.

"Pasar Seni Semarapura juga akan direvitalisasi menjadi pasar modern guna memberikan kenyamanan para pengunjung, karena pasar tersebut bagian dari paket wisata `city tour` Kota Semarapura," katanya.

Peragaan busana tersebut menampilkan berbagai koleksi busana Endek hasil karya para perancang lokal Klungkung, seperti Putu Mahendra (Ayodya Collection), Ni Kadek Rika Adnyani (Derika Collection), I Wayan Widiantara (Sri Widhi?Collection) serta Ni luh Made Aryati (Aryati Wedha Collection).

Dalam acara utama ditampilkan koleksi dari desainer Merdi Sihombing yang merupakan perancang busana yang telah lama tinggal di Nusa Penida dan mempelajari proses pembuatan kain tenun khas Klungkung.

Merdi Sihombing mengaku dirinya sangat mengapresiasi langkah Pemkab Klungkung dalam upaya mengembalikan kejayan kain tenun khas Klungkung.

"Orang yang ingin mencari kain Endek dan songket pasti ke Klungkung, karena perajin dan UKM kain tenun banyak terdapat di wilayah Klungkung," ujar Merdi Sihombing.

"Semarapura Fashion Day" diakhiri dengan penyerahan sebuah baju Endek hasil karya Merdi Sihombing kepada Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta sebagai wujud apresiasi atas upaya Pemkab Klungkung dalam membangkitkan kejayaan kain tenun Klungkung. (ed)

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018