Semarapura (Antaranews Bali) - Bupati Klungkung, Bali I Nyoman Suwirta beserta Nyonya Ayu Suwirta ikut berbaur dengan masyarakat Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan melakukan gerakan kebersihan di sepanjang Pantai Pesinggahan, termasuk di depan objek wisata Goa Lawah.

"Gerakan kebersihan yang melibatkan seluruh peranserta masyarakat setempat itu dilakukan secara berkesinambungan setiap bulan," kata Perbekel Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan I Nyoman Suastika, Senin.

Bupati Nyoman Suwirta memberikan apresiasi terhadap kegiatan kebersihan pantai yang selama ini menjadi objek wisata yang banyak dikunjungan wisatawan dalam dan luar negeri.

Kebersamaan masyarakat itu diharapkan mampu meningkatkan semangat gotong royong sekaligus membuat lingkungan dan pantai menjadi bersih dan lestari.

Hal itu menjadi kewajiban semua pihak dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, lebih-lebih Pantai Pesinggahan segera akan ditata Pemkab Klungkung.

Hal itu dilakukan karena Kecamatan Dawan memiliki banyak potensi-potensi yang mempu meningkatakan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Klungkung.

Potensi PAD tersebut antara lain Pantai Belatung yang akan dijadikan "rest area" yang terintegritas dengan pembuatan garam tradisional sehingga mampu mendongkrak pariwisata serta petani garam tradisional akan tetap eksis dalam membuat garam.

Bupati Suwirta menjelaskan, di pantai tersebut rencananya akan menggelar Festival Goa Lawah yang menampilkan berbagai jenis atraksi yang unik dan menarik dengan harapan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Bali, khususnya ke Kabupaten Klungkung.

Demikian pula Pantai Pesinggahan akan dijadikan titik pelabuhan dari program Pemerintah yakni Pelabuhan Segitiga Emas sehingga diharapkan mampu mendongkrak perekonomian di Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung.

Perbekel Desa Pesinggahan, I Nyoman Suastika menjelaskan, kegiatan bersih pantai secara gotong royong yang dilaksanakan pada hari Minggu (4/2) merupakan kegiatan rutin sebulan sekali secara berkesinambungan.

Kegiatan tersebut melibatkan seluruh masyarakat, tokoh masyarakat, Pecalang, Karang taruna, Sekaa Teruna, PKK, para nelayan serta para pedagang di depan Pura Goa Lawah.

Kegiatan bersih pantai diawali dengan membersihkan pantai di depan Pura Goa Lawah lalu ke barat sampai batas barat Pantai Pesinggahan.

Pihaknya juga menyampaikan, pada bulan sebelumnya kegiatan bersih pantai dilakukan 2-3 kali karena cuaca ekstrim yang terjadi akhir-akhir ini. Sehingga volume sampah kiriman yang mengotori pantai jumlahnya meningkat, katanya. (WDY)

Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018