Semarapura (Antaranews Bali) - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Klungkung, Bali meluncurkan aplikasi "Klungkung Mesadu" yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melaporkan berbagai hal menyangkut pelaksanaan pembangunan yang segera diteruskan kepada organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

"Melapor secara santun dan terpadu itu, aplikasinya bisa download di Google Play Store untuk smartphone berbasis android, sedangkan untuk smartphone berbasis IOS menyusul karena masih dalam proses pendaftaran," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Klungkung I Wayan Parna di Semarapura, Minggu.

Ia mengatakan, upaya tersebut dilakukan mengingat perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat mengharuskan pemerintah untuk mampu menghadirkan informasi terkini melalui media digital, sebagai upaya memberikan layanan kepada masyarakat, termasuk memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi.

Peluncuran aplikasi "Klungkung Mesadu" bertujuan untuk memberikan layanan, atau memberikan jawaban secara cepat, tepat dan akurat terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Demikian pula kebutuhan layanan atau respon cepat dari organisasi perangkat daerah menjadi kebutuhan masyarakat. dengan demikian masyarakat tidak lagi harus datang ke instansi yang menangani masalah tersebut, namun cukup melalui "aplikasi Klungkung Mesadu".

Aplikasi "Klungkung Mesadu" tersebut kini sekarang sudah dapat dimanfaatkan dan masyarakat diharapkan dapat berperanserta secara aktif untuk melaporkan setiap permasalahan yang dihadapi.

Selain itu Pemkab Klungkung juga menyiapkan tenaga pendamping desa (Yowana Gema Santi) sebanyak 59 orang yang diharapkan mampu memotivasi dan memberikan solusi terbaik dalam mengatasi setiap permasalahan yang muncul di desa.

Mereka sebelum melaksanakan tugas pendampingan yang tersebar di seluruh desa itu telah mengikuti pelatihan pembekalan Yowana Gema Santi di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Banjarangkan selama tiga hari.

Untuk itu seorang Yowana Gema Santi (petugas pendamping desa) harus memiliki kemampuan bicara yang dapat memotivasi, menggugah perasaan dan pola pikir seseorang yang menjadi targetnya serta mampu mengatasi setiap permasalahan yang muncul. (WDY)

Pewarta: Dewa Sentana

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018