Semarapura (Antara Bali) - Bupati Klungkung, Bali, I Nyoman Suwirta mengharapkan seluruh instansi terkait lebih memantapkan program aksi gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) dengan harapan dapat meningkatkan kecerdasan, terutama anak-anak usia sekolah.

"Gemarikan dapat lebih ditingkatkan sekaligus bisa memberikan ruang gerak kepada nelayan agar hasil tangkapan dan harga ikan tetap bagus dan stabil," kata Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam siaran Pers yang diterima Antara, Jumat.

Ia sebelumnya menghadiri Peringatan Hari Ikan Nasional ke-IV Tahun 2017 di Balai Banjar Kawan Desa Besan, Kecamatan Dawan, dengan harapan mampu lebih memasyarakatkan bahwa makan ikan itu sangat penting.

Wilayah pelosok yang jauh dari pesisir pendistribusian ikan umumnya kurang sehingga konsumsi ikan lebih sedikit dibandingkan yang bermukim di daerah pesisir.

Untuk itu Gemarikan harus disosialisasikan secara berkesinambungan, tidak boleh berhenti sampai di sini, ujarnya.

Ia mengharapkan ke depannya Dinas Perikanan dan instansi terkait lainnya dapat memberikan perlindungan dan ruang gerak kepada nelayan agar hasil tangkapan lebih banyak serta harga yang stabiil.

Selain itu juga lebih mengintensifkan pengembangan parikanan air tawar sehingga mampu meningkatkan pendapatan masyarakat, khususnya petani, sekaligus meningkatkan konsumsi makan ikan.

Bupati Suwirta mengaku akan membuat kebijakan untuk penjual kuliner agar menggunakan ikan dalam sajian menunya serta bagi kelompok wanita dan masyarakat agar lebih inovatif dalam mengolah ikan.

Peringatan Hari Ikan Nasional ke-IV Tahun 2017 di Kabupaten Klungkung dipadukan dengan program aksi Gemarikan dimeriahkan dengan penampilan paduan suara dari siswa SD Desa Besan. Mereka menampilkan senam dan nyanyian Gemarikan.

Menurut Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Klungkung, Nyonya Ayu Suwirta peringatan kali ini mengusung tema "Melalui Peringatan Hari Ikan Nasional ke-IV Kita Tingkatkan Konsumsi Ikan Pada Balita dan Anak-anak di Kabupaten Klungkung".

Melalui kegiatan itu diharapkan mampu menumbuhkan serta meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang manfaat mengkonsumsi ikan.

Berbagai kegiatan dilakukan serangkaian kegiatan itu antara lain sosialisasi Gemarikan ke sekolah-sekolah dan pelatihan cara pengolahan ikan yang baik dan bermutu untuk meningkatkan keterampilan masyarakat.

Pelatihan diberikan kepada ibu-ibu yang tergabung dalam wadah kelompok wanita tani (KWT) agar bisa berinovasi dalam mengolah ikan, jelas Ayu Suwirta. (WDY)

Pewarta: Dewa Sentana

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017