Karanganyar (Antara Bali) - Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melantik dan mengambil sumpah 187 perwira baru lulusan sekolah pembentukan perwira (Setukpa) TNI AU 2017 angkatan ke-20 di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo Kranganyar, Selasa.

Pada acara upacara pelantikan dan pengambilan sumpah dari anggota bintara naik menjadi perwira baru lulusan Setukpa TNI AU tersebut dipimpin langsung oleh KASAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

KASAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan sebagai seorang perwira harus memiliki disiplin yang tinggi, dapat menjaid contoh dalam menegakan hukum dan taat terhadap aturan serta senantiasa loyal kepada organisasi.

"Sorang perwira TNI tidak kalah pentingnya yakni satunya kata dengan perbuatan, sehingga dapat dipercaya oleh atasan dan menjadi panutan bagi bawahannya," kata KASAU menegaskan.

Menurut KASAU sosok perwira yang berkualitas hanya dapat diwujudkan dengan membiasakan diri  bekerja secara sistematis dan senantiasa berorientasi keberhasilan pelaksanaan tugas. Hal itu, mengingat tantangan tugas pada masa depan yang makin kompleks, sehingga  sikap inovatif dan kreatif  menjadi suatu tuntutan  bagi kemajuan satuan. Tidak ada tempat pagi perwira yang bersikap pasif dan cenderung menunggu perintah.

Selain itu, kata KASAU keberhasilan pelaksanaan tugas AU sangat ditentukan oleh kualitas kesiapan operasional yang merupakan peraduan antara unsur manusia, alat utama sistem pertahanan (Alutsista) dengan seluruh sistem  dan perangkat lumak yang mendukung.

KASAU mengatakan peralatan modern dan canggih belum jaminan akan keberhasilan pelaksanaan tugas, bila tidak diimbangi dengan kualitas  personel yang memiliki jiwa kesatria, militan, loyal, dan profesional yang sneangtiasa mampu menghadapi setiap  tantangan dan tuntutan tugas.

KASAU berharap agar para mantan siswa Setukpa setelah bertugas dapat membawa diri penuh keyakinan dalam menjalankan tugas sebagai perwira TNI AU, dimanapun ditugaskan. (WDY)

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017