Mangupura (Antara Bali) - Kontingen tim Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Badung yang mewakili Bali sekaligus Indonesia berhasil menorehkan prestasi gemilang pada ajang kompetisi "Lifesaving Championships Arafura Game" 2011 di Darwin, Australia.

Ketua Tim Balawista Badung, I Gede Beratha, di Mangupura, Badung, Senin mengatakan, keberhasilan tim pada ajang "Arafuru Game" ini tidak terlepas dari dukungan moril dan material dari Pemkab Badung.

Saat tim Balawista diterima Bupati Badung Anak Agung Gede Agung itu, ia mengemukakan, ajang bergengsi yang diikuti sekitar 40 negara Asia Pasifik ini, para atlet Balawista Badung berhasil meraih emas pada cabang "Beach Flag" Putra atas nama Komang Karyana dan "Beach Flag" Putri diraih Nyoman Kermi.

"Untuk medali perak tim Balawista Badung berhasil pada cabang 'rescue cub, rescue boards, beach flag putri dan beach flag putra' dan medali perunggu diraih Wayan Darmayasa pada cabang 'beach relay putra'," kata Beratha didampingi Koordinator Balawista Badung, Gde Suparka.

Beratha menuturkan, bahwa ketika di negeri Kangguru, media Australia, baik cetak dan elektronik menyiarkan keberhasilan atlet-atlet Balawista Badung.

Ia mengatakan, ajang ini merupakan kompetisi dua tahunan, untuk itu pihaknya berharap agar pada tahun 2013 tim Balawista Kabupaten Badung bisa mengikuti kompetisi serupa di Darwin.   

Dengan keberhasilan menyabet medali tersebut, kata dia, maka tim Balawista Badung berhasil meraih urutan ke-3 setelah tim tuan rumah Australia perolehan dua medali emas, empat perak dan satu perunggu.

Bupati Badung Anak Agung Gde Agung yang didampingi Kabid Obyek dan Daya Tarik Wisata Diparda Badung Anak Agung Gede Raka Yudha mengaku bangga karena tim Balawista Badung telah berjuang dengan sekuat tenaga dan kemampuan sehingga mampu meraih prestasi maksimal.

Bupati Gde Agung mengatakan, apa yang diraih oleh tim Balawista ini, selain menjadi media promosi yang sangat efektif, sekaligus juga mengharumkan nama Bali dan Indonesia.

"Pemkab Badung yang telah menetapkan pariwisata sebagai sektor andalan, di mana pantai dan laut merupakan salah satu tujuan dan daya tarik pariwisata yang sangat diminati turis domestik maupun mancanegara, maka prestasi yang diraih tim Balawista merupakan jaminan akan layanan keamanan dan keselamatan bagi wisatawan penikmat wisata tirta tersebut," ucapnya.

Gde Agung menambahkan, upaya peningkatan pemberian layanan keselamatan dan keamanan bagi wisatawan yang menikmati obyek pariwisata di Badung merupakan hal yang sangat penting dan prioritas, terlebih untuk obyek dan daya tarik wisata tirta itu.

Dikatakan, Badung memiliki garis pantai sepanjang 82 kilometer terdapat sekitar 16 obyek wisata pantai.

"Oleh karena itu Pemkab Badung senantiasa berupaya meningkatkan layanan keselamatan dan keamanan melalui pengoptimalan kinerja Balawista Badung. Dan senantiasa meningkatkan kapasitas dan kualitas tenaga Balawista beserta sarana pendukungnya.(*)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011