Semarapura (Antara Bali) - Bupati Klungkung, Bali I Nyoman Suwirta mengharapkan seluruh masyarakat di Nusa Penida, sebuah pulau yang terpisah dengan daratan Bali dapat memelihata dan menjaga keamanan serta kenyamanan di tengah pesatnya perkembangan sektor pariwisata di daerah itu.

"Untuk itu setiap individu dituntut dapat mengendalikan pikiran dan prilaku negatif yang bisa menyinggung perasaan orang lain untuk menghindari terjadinya konflik," kata Bupati Suwirta ketika melakukan sosialisasi pencegahan konflik sosial kepada prajuru desa adat, tokoh masyarakat, ketua sekaa teruna dan pecalang di Balai Desa Kutampi Kaler, Kecamatan Nusa Penida, Sabtu malam.

Ia mengatakan, pengendalikan diri itu sangat penting, mengingat konflik di masyarakat dari berbagai sumber salah satu di antaranya karena faktor ekonomi. Faktor ini sangat berpengaruh dan menjadi pemicu munculnya sebuah konflik.

"Tidak hanya antargolongan atau kelompok, konflik antarindividu dalam keluarga juga harus dihindari, apalagi menjelang Pilkada tahun 2018, saya mengajak seluruh komponen masyarakat di Nusa Penida agar senantiasa mengendalikan pikiran dan perbuatan yang dapat memicu terjadinya konflik dan mengganggu geliat pariwisata Nusa Penida," ujar Bupati Nyoman Suwirta.

Ia mengharapkan penggunaan internet yang kini merambah masuk hingga kepelosok desa hendaknya dapat digunakan dengan bijak. Masyarakat diminta untuk tidak mudah terpengaruh berita yang belum terbukti kebenarannya.

"Jangan mudah terpancing apalagi ikut menyebarkan serta berkomentar yang dapat menimbulkan keresahan dan kebencian," ujar Bupati Suwirta.

Sosialisasi pencegahan konflik sosial oleh tim terpadu penanganan konflik sosial merupakan kegiatan yang difasilitasi Bidang Konflik, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Klungkung guna mencegah konflik sosial menjelang perhelatan Pilkada 2018.

Program itu diharapkan mampu menyadarkan masyarakat untuk lebih mempererat rasa persaudaraan "manyame braya" serta bersatu mendukung pemerintah untuk kelancaran pembangunan.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di seluruh Kecamatan di Kabupaten Klungkung. Setelah Nusa Penida, disusul Kecamatan Dawan di Desa Pesinggahan, 5 November 2017, Kecamatan Klungkung di Desa Selisihan, 16 November 2017 dan terakhir Kecamatan Banjarangkan di Desa Aan, 29 November 2017.(I020)






Pewarta: Pewarta Dewa Sentana dan Gembong Ismadi

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017