Singaraja (Antara Bali) - Kabupaten Buleleng, Bali masuk dalam nominasi kota wisata bersih tingkat ASEAN, atas keberhasilan menata kota sesuai standar kebersihan kepariwisataan.

"Kami mengapresiasi komitmen Pemkab Buleleng dalam mengupayakan kebersihan di setiap objek wisata," kata Wakil Ketua Tim Penilai Clean City Tourist (ACTC) atau Kota Wisata Bersih ASEAN, Henky Hermantoro di Kota Singaraja, Selasa.

Tim penilai mengapresiasi kinerja jajaran Pemkab Buleleng sebagai salah satu nominator ACTC 2017 untuk mewujudkan kota bersih dalam rangka memberika kenyamanan baik itu kepada warganya sendiri maupun wisatawan yang datang.

"Buleleng sangat berbeda dengan kota-kota lainnya baik di Indonesia maupun ASEAN. Buleleng sudah melebihi standar yang ada dan diberikan untuk ACTC 2017 ini," ungkapnya.

Dari penilaian yang sudah dilakukan, Henky Hermantoro menjelaskan ada beberapa catatan-catatan secara umum yang didapatkan tim penilai setelah meninjau 14 titik city tour yang ditawarkan Pemkab Buleleng.

Catatan tersebut seperti penyediaan toilet dan sarana pejalan kaki berupa trotoar agar lebih diperlebar lagi sehingga memberikan kenyamanan maksimal kepada wisatawan.

"Catatan singkat kami mengenai penyediaan toilet, tanda toilet wanita dan pria, serta perlu adanya trotoar yang lebih lebar untuk pejalan kaki. Namun secara umum Buleleng sudah sangat bagus," jelasnya.

Sebelumnya, anggota Tim Penilai, Vir Katrin sudah berkeliling untuk meninjau beberapa spot city tour yang diajukan Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng pada (16/10).

Setelah berkeliling dan melihat city tour Kota Singaraja, dirinya mengungkapkan Buleleng sebenarnya memiliki potensi yang sangat besar.

Menurut dia yang perlu dilakukan sekarang adalah promosi yang gencar. Sembari promosi, perlu juga diikuti dengan pembangunan sarana dan prasarana penunjang pariwisata.

"Seperti saat ini yang sudah dilakukan Pemkab Buleleng adalah penambahan toilet. Penambahan toilet merupakan hal yang sangat penting karena salah satu fasilitas publik yang dapat memberikan rasa nyaman kepada wisatawan," kata Vir Katrin. (WDY)

Pewarta: Pewarta: IMB Andi Purnomo

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017