Semarapura (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Klungkung, Bali memberikan perhatian serius terhadap sektor pendidikan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan salah satu indikator untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia (IMP).

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Denpasar, Minggu menjelaskan, pihaknya memberikan pembinaan khusus kepada kepala sekolah dan guru pengajar tingkat SMP di Kecamatan Klungkung dan Banjarangkan di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kania,

Ia mengatakan, dalam menentukan IPM sangat ditentukan oleh keberhasilan pembangunan bidang pendidikan, sektor kesehatan dan sektor ekonomi.

Oleh sebab itu para guru dan kepala sekolah dituntut mampu mengajarkan dan memberikan motivasi sejak dini kepada generasi muda agar mempunyai karakter yang cerdas dan berkualitas.

Bupati I Nyoman Suwirta menekankan para guru untuk dapat menerapkan pendidikan dengan baik yakni menyangkut kopetensi dan informasi teknologi.

Untuk itu kepala sekolah dan guru-guru pengajar dituntut mampu menguasai kecanggihan teknologi. Sebab, diera zaman globalisasi sekarang tidak boleh mengabaikan informasi teknologi,

"Mari kita perkuat diri dalam bidang informasi teknologi agar mampu membuat sistem yang kuat di dalam sekolah," ujar Bupati Nyoman Suwirta.

Hal itu dinilai sangat penting untuk diajarkan kepada pelajar agar generasi muda benar-benar memahami pendidikan karakter, sehingga nantinya bisa mewujudkan generasi yang cerdas dan berkualitas.

Pendidikan karakter sangat penting, sebab dari karakter yang berkualitas akan mampu mencetak sikap maupun perilaku yang baik serta sopan di dalam masyarakat.

"Pentingnya pendidikan karakter harus ditanamkan dan diperkuat kepada seluruh murid-murid di sekolah," harap Bupati Suwirta.

Ia mengingatkan hal itu sesuai dengan makna dari lagu "Gema Santi", karena dalam lagu tersebut berisi ajakan kedamaian dan cinta serta ajakan untuk bersama-sama membangun Kabupaten Klungkung.

Laksanakan tugas dengan baik dan sungguh-sungguh sepenuh hati, sehingga anak-anak bisa mamiliki sikap dan karakter yang baik, kreatif dan cerdas.

"Makna dari Lagu Gema Santi harus selalu di tanamkan di masing-masing sekolah," ujar Bupati Suwirta.

Ia juga minta agar masing-masing sekolah selalu mejaga peraturan tentang merokok, sebab Kawasan Tanpa Rokok (KTR) perlu dijaga dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan kesehatan kita bersama.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung Dewa Gde Darmawan menjelaskan, pembinaan guru merupakan salah satu fungsi dari manajemen SDM pendidikan.

"Kepada semua sekolah dari tingkat kelompok bermain, pendidikan anak usia dini (PAUD), taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD), SMP dan SMA/SMK dituntut mampu melaksanakan program Pemerintah Kabupaten `Gema Santi," ujarnya.  (WDY)

Pewarta: Pewarta: Dewa Sentana

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017