Denpasar (Antara Bali) - Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Denpasar Ny. Ida Ayu Selly Dharmawijaya Mantra mendorong kader-kadernya di tingkat banjar, desa, kelurahan dan kecamatan untuk berinovasi dalam mensosialisasikan program organisasi wanita tersebut.

"Kami terus mendorong kader PKK di desa dan kecamatan untuk melakukan inovasi dalam mengimplementasikan program PKK itu," katanya di Denpasar, Jumat.

Ia mengatakan kegiatan dalam inovasi program tersebut adalah dengan menyelenggarakan kuis "Siapa Bisa" untuk menguji pemahaman para kader PKK terhadap program-program yang dilaksanakan.

"Kami sudah melihat para kader untuk berbuat kreatif dalam mennyosialisasikan kebersihan, dan program inovasi menarik untuk program-progam PKK," ujarnya.

Ny. Selly Mantra mengaku sangat salut terhadap inovasi yang dilakukan para kader dalam mensosialisasikan program-program PKK.

"Ini sangat menarik sekali sehingga semua yang menyaksikan tertarik, sehingga diharapkan program PKK harus dilaksanakan sampai ke tingkat banjar," ujarnya.

Ia berhadap dengan keterlibatan kadernya mulai dari tingkat banjar dapat pemahaman masyarakat terhadap program PKK di lingkungan masing-masing.

Ny. Selly Mantra menambahkan, berbagai program inovatif dilaksanakan Tim Penggerak PKK Kota Denpasar untuk mensosialisasikan kegiatan agar lebih mudah bisa diterima oleh warga, salah satunya dengan menggelar kuis "Siapa Bisa" untuk para kader PKK. Materi yang diujikan dalam kuis tersebut meliputi Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT), Hati PKK, ASI Eksklusif, dan Bina Keluarga Balita (BKB).

"Kuis Siapa Bisa merupakan kegiatan inovatif untuk mensosialisasikan 10 Program Pokok PKK di kalangan para kader. Dengan lomba kuis ini kami ingin mengetahui sejauh mana pemahaman para kader terhadap Program pokok PKK tersebut," ujar Ny. Selly.

Kuis ini juga sebagai ajang sosialisasi program-program PKK yang sangat mudah diterima oleh para kader. Lomba kuis ini diikuti empat kelompok, setiap kelompok terdiri dari 11 orang merupakan perwakilan dari masing-masing kecamatan, yaitu Kecamatan Denpasar Utara (Denut), Denpasar Timur (Dentim), Denpasar selatan (Densel) dan Denpasar Barat (Denbar).

Kuis ini terdiri dari lima babak yaitu, babak pertama masing-masing kelompok diwajibkan menjawab lima pertanyaan, pertanyaan tersebut dipilih secara acak. Babak kedua yaitu, masing peserta harus menebak gambar yang diperagakan salah satu wakilnya.

Dalam babak itu juga berjumlah lima pertanyaan dengan waktu yang diberikan selama lima menit. Untuk babak ketiga memberikan penyuluhan, babak keempat membuat alat permainan edukatif dan yang kelima babak cepat tepat.

Peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti kuis tersebut, sehingga suasana terlihat sangat meriah. Sebelum kuis dimulai masing-masing grup menunjukkan yel-yelnya masing-masing, sehingga suasana menjadi semakin hangat diikuti tepuk tangan dari para penonton.

"Diharapkan kegiatan seperti ini akan terus berlanjut sehingga Gerakan PKK di Kota Denpasar bisa terus hidup." kata Ny. Selly Mantra. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017