Semarapura (Antara Bali) - Bupati Klungkung, Bali I Nyoman Suwirta memberikan apresiasi terhadap Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Paksebali, Kecamatan Dawan yang mampu berperanserta menekan angka kemiskinan.

"Di Desa Paksebali sebelumnya tercatat 200 kepala keluarga (KK) miskin dengan adanya Bumdes berkurang 41 KK hingga menjadi 159 KK," kata Bupati Suwirta dalam siaran Pers yang diterima Antara di Denpasar, Senin.

Pada Acara Bedah Rumah ke-34 di Desa Paksebali, Bupati Suwirta menilai keberadaan lembaga perekonomian desa dapat mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Klungkung, Bupati Suwirta menyusuri setiap sudut desa didampingi perangkat desa setempat.

Kegiatan tersebut diawali dengan meninjau pasar, menyusul melihat dari dekat beberapa sekolah dasar (SD) di Desa Paksebali.

Dalam peninjauan itu Bupati Suwirta akan memberikan bantuan seperangkat gong baleganjur dan drum band kepada tiga SDN di Paksebali, sesuai kebutuhan masing-masing sekolah.

Bupati Suwirta meminta Perbekel dan Dinas terkait untuk mengkaji rencana penggabungan siswa SDN 2 Paksebali ke SDN 1 Paksebali, karena sekolah tersebut akan dijadikan pasar tradisional, karena pasar sekarang akan diubah menjadi pasar seni.

"Dengan adanya BUMDes berhasil memberdayakan masyarakat. untuk itu tolong segera buat kajian ini dengan sebaik-baiknya, agar rencana untuk membuat pasar tradisional dan pasar seni di Paksebali bisa segera terlaksana," ujar Bupati Suwirta.

Selain itu juga melihat dari dekat sejumlah warga miskin yang mendapat perioritas perbaikan. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Dewa Sentana

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017