Denpasar (Antara Bali) - Provinsi Bali meraih tiga penghargaan dalam Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional 2017 yang penghargaannya diserahkan oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo.

"Kita patut bersyukur, Bali kembali meraih penghargaan tingkat nasional. Kita jadikan penghargaan ini sebagai pecut untuk bekerja keras dalam membangun desa. Prestasi ini harus dijadikan motivasi, agar ke depan lebih banyak prestasi yang dapat diraih," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali Dewa Gede Mahendra Putra di Denpasar, Rabu.

Ketiga penghargaan dalam lomba tersebut di antaranya Juara I Lomba Desa Wilayah II (meliputi Jawa dan Bali) yang diwakili oleh Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Juara I Lomba Pendamping Lokal Desa atas nama Ni Ketut Sriastuti dari Desa Melaya, Jembrana, serta Juara II Lomba Kelurahan Wilayah II yang diwakili oleh Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli Kabupaten Bangli.

Penghargaan yang diserahkan oleh Menteri PDTT itu diterima oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Bali Ketut Lihadnyana, mewakili Gubernur Bali, dalam acara Temu Karya Nasional di Jakarta, pada Selasa (15/8).

"Kemenangan ini bukan menjadi titik akhir dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, melainkan titik awal memberikan pelayanan ke masyarakat," ucapnya.

Dewa Mahendra menambahkan pelaksanaan lomba desa dan kelurahan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas lembaga pemerintahan desa dan kelurahan dalam penataan administrasi.

Di samping itu untuk mendorong tumbuhnya motivasi berprestasi dan kualitas kepala desa dan kepala kelurahan dalam pembangunan desa serta menumbuhkan keswadayaan dan kegotong-royongan masyarakat.

Proses penilaian perlombaan baik desa maupun kelurahan meliputi tiga bidang, di antaranya pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan serta dilakukan dalam beberapa tahapan penilaian meliputi penilaian administrasi serta penilaian/kunjungan lapangan serta presentasi. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017