Singaraja (Antara Bali) - Ratusan siswa sekolah menengah pertama (SMP) di wilayah Kabupaten Buleleng, Bali, memeriahkan lomba gerak jalan dalam rangkaian HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Wakil Bupati Buleleng, I Nyoman Sutjidra, di Singaraja, Rabu, mengatakan lomba gerak jalan merupakan hal yang positif karena selain berolahraga menjaga kesehatan, juga untuk mendorong rasa kebersamaan, kekompakan, semangat dan jiwa sportivitas.

Hal yang terpenting adalah upaya membangun mental dan karakter anak-anak bangsa yang berpekerti dan berbudi luhur, sehingga menjadi harapan masa depan bangsa.

"Tema peringatan hari ulang tahun ke-72 Republik Indonesia kali ini adalah Indonesia Kerja Bersama yang mempunyai makna sangat mendalam, dimana dalam membangun bangsa dan negara memerlukan dukungan serta kerja sama yang harmonis dari seluruh komponen bangsa," tegasnya.

Sementara itu, Koordinator Lomba Gerak Jalan HUT RI I Gusti Lanang Agung Parwata yang juga wakil ketua KONI Buleleng melaporkan Lomba gerak jalan merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Jumlah peserta yang mengikuti lomba gerak jalan 8 km tingkat SMP tahun ini sebanyak 40 regu, sedangkan tahun lalu diikuti oleh 38 regu. Ini berarti terjadi peningkatan jumlah peserta sebanyak dua regu," katanya.

Adapun total hadiah yang diperebutkan dalam lomba gerak jalan 8 kilometer SMP tahun ini, termasuk dana pembinaan, adalah sebesar Rp91 juta.

Pelepasan keberangkatan peserta lomba gerak jalan yang dilakukan Wabup Buleleng Nyoman Sutjidra di depan Kantor KONI ditandai dengan mengibaskan bendera, satu persatu regu peserta meninggalkan garis start untuk menyelesaikan perjalanan rute yang harus ditempuh.

Setelah melewati garis start di Jalan Udayana, para peserta menelusuri Jalan Ngurah Rai, Jalan Pramuka, Jalan Diponogoro, Jalan Erlangga, Jalan Imam Bonjol, Jalan Veteran, Jalan Pahlawan, Jalan Sudirman, Jalan Ahmad Yani, Jalan Dewi Sartika Selatan, Jalan Udayana dan berakhir di garis finish di Depan GOR Bhuana Patra. (WDY)

Pewarta: Pewarta: IMB Andi Purnomo

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017