Denpasar (Antara Bali) - TNI Angkatan Laut (AL) dari jajaran Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V/Surabaya (Jateng, Yogyakarta, Jatim, Bali) mengggelar Operasi Bakti TNI AL tahun 2017 di Pura Dalem Bungkeneng, desa Pekraman, Tonja, Denpasar Utara, Kota Denpasar, selama Juli 2017.

Kadispen Lantamal V Mayor Rohman Arif dalam keterangan pers yang diterima Antara di Denpasar, Senin, melaporkan Operasi Bakti TNI AL itu diresmikan oleh Asisten Operasi Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Asops KSAL) Laksamana Muda TNI I.N.G.N. Ary Atmaja mewakili Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi pada Sabtu (29/7) lalu.

Dalam peresmian pelaksanaan bakti yang ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Asops KSAL di Pura Dalem Bungkeneng, Desa Pekraman, Tonja, Denpasar Utara, Kota Denpasar itu juga dilakukan penyerahan secara simbolis dua buah kursi roda, dan pemberian sembako kepada sembilan orang perwakilan masyarakat desa Pekraman, Tonja, Denpasar Utara.

Selain itu juga ada penyerahan pakaian pemangku Pura Dalem Bungkeneng, dan pakaian pemangku Pura Ibu Sari Banjar Tega oleh Asops KSAL, serta pemberian bantuan dana punia Pura Dalem Bungkeneng oleh Ibu Asops KSAL Ny. Ary Atmaja. Bertindak selaku Komandan Satgas Operasi Bakti TNI AL wilayah Bali adalah Komandan Lanal Denpasar Kolonel Laut (P) GB. Oka.

Acara itu dihadiri Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI I.G.P. Wijamahadi, Laksda TNI I Nyoman Nesa, Kasarmatim Laksma TNI I.N.G. Ariawan, Danpuspomal Brigjen TNI (Mar) I Ketut Suardana, Kadispotmar Brigjen TNI (Mar) I Ketut Suarya, dan Danguskamlatim Laksma TNI I Nyoman Sudihartawan.

Selain itu, Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Stefanus Trimulyono, Danrem 163/Wsa Kolonel ARH I Gede Widnyana, Danlanal Denpasar Kolonel Laut (P) GB. Oka, Kapolresta Denpasar, Sekda Kota Denpasar serta pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompida) Kota Denpasar, serta tokoh agama dan tokoh adat desa Pekraman Tonja Denpasar Utara.

Dalam amanat yang dibacakan Asops KSAL, KSAL mengatakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut diselenggarakan melalui usaha membangun dan membina kemampuan seluruh sumber daya nasional bidang maritim.

"Kegiatan ini merupakan implementasi tugas TNI Angkatan Laut dalam bidang pertahanan laut, sekaligus wujud nyata kemanunggalan TNI dengan rakyat dalam meningkatkan kesejahteraan dan mendukung pertahanan negara di laut," katanya.

Menurut KSAL, pembinaan potensi maritim merupakan langkah nyata TNI Angkatan Laut dalam rangka meningkatkan kemampuan dan taraf hidup serta kesejahteraan masyarakat, sehingga diharapkan menumbuhkan motivasi dan semangat jiwa bahari untuk kepentingan kesejahteraan, keamanan, dan kelestarian lingkungan.

"Pembinaan potensi maritim yang telah dilaksanakan TNI AL antara lain pembinaan ketahanan wilayah, komunikasi sosial dan bakti TNI AL, sedangkan pemilihan daerah sasaran harus dipilih yang tepat, dengan tujuan hasilnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat," katanya.

Sementara itu, kegiatan bakti TNI AL yang dilaksanakan di sekitar pura itu berupa pelayanan pengobatan umum yang dihadiri ratusan masyarakat bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Denpasar.

Sebelumnya, kegiatan pendahuluan yag sudah dilaksanakan adalah pembangunan fisik berupa pengecoran jalan dan paving halaman Pura Dalem Bungkeneng serta kegiatan bakti sosial kesehatan berupa operasi katarak sebanyak 11 orang dan pembagian kacamata sebanyak 425 masyarakat di Banjar Tega, Desa Pekraman Tonja Denpasar, 18 Juli 2017. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Pande Yudha

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017