Semarapura (Antara Bali) - Sebanyak 91 pramuka ikut ambil bagian dalam perkemahan satuan inti (Satin) Palang Merah Remaja (PMR) Wira PMI Kabupaten Klungkung, Bali angkatan XI yang berlangsung di Lapangan Tembak Desa Paksebali, Kecamatan Dawan.

Kegiatan yang berlangsung selama empat hari itu dibuka Wakil Bupati KlungkungI Made Kasta didampingi Sekretaris Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bali I Nyoman Puasha Aryana, dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politikdan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Klungkung I Wayan Sujana, Selasa.

Perkemahan tersebut merupakan kegiatan tahunan melibatkan siswa SMA/SMK di wilayah Klungkung. setiap sekolah mengirimkan tujuh siswa untuk mengikuti kegiatan itu.

Kegiatan itu bertujuan membentuk kepalangmerahan dan tutor sebaya yang akan difungsikan di masing-masing sekolah. Selain itu membentuk remaja yang berkarakter positif, disiplin dan berdedikasi tinggi terhadap kemanusiaan.

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta selaku Ketua PMI Klungkung membacakan sambutan tertulis Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengharapkan anggota PMR dapat mengembangkan kreativitas secara positif yang bermanfaat bagi diri sendiri, bangsa dan negara.

Melalui ajang kegiatan tersebut mampu menumbuhkan rasa sosial dan solidaritas sesama anggota PMR, khususnya sesama pelajar dan masyarakat pada umumnya.

Ia mengharapkan agar seluruh peserta dapat memanfaatkan waktu dengan baik, tunjukkan dedikasi, kemampuan dan sportivitas yang tinggi sehingga meraih prestasi yang gemilang.

Ketua Panitia I Gusti Ketut Kaler melaporkan PMR merupakan wadah pembinaan generasi muda PMI. Dalam proses pembinaan, anggota remaja PMI juga disebut anggota PMR difasilitasi peningkatan pengetahuan, ketrampilan dan sikap (PKS) sehingga dapat menjadi remaja berkarakter.

Hal itu sesuai dengan implementasi dari program Pemerintah Kabupaten Klungkung yakni, Gema Santi. Kegiatan mengusung tema "membentuk remaja yang berkarakter disiplin dan berdedikasi". (WDY)

Pewarta: Pewarta: Dewa Wiguna

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017