Semarapura (Antara Bali) - Bupati Klungkung, Bali I Nyoman Suwirta didampingi Raja Klungkung Ida Dalem Semaraputra menghadiri acara Halal Bi Halal terkait Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah yang digelar umat muslim Kampung Lebah, Sabtu malam.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Klungkung Drs Humaid, Ketua Kampung Lebah Hj. Hdi Sazani serta seluruh umat muslim.

Ketua PHBI Drs Humaid melaporkan, tema Halal Bi Halal kali ini mengusung tema "Melalui Halal Bi Halal kita jalin silahturahmi untuk membangun kemajuan bangsa".

Inti kegiatan tersebut agar bisa menjalin silahturahmi persaudaraan antarumat beragama, sekaligus untuk memberikan ruang kepada anak-anak remaja muslim untuk menunjukkan kreativitas dan seni yang dimiliki.

Bupati I Nyoman Suwirta pada kesempatan itu mengatakan, setelah umat muslim menjalani sebulan puasa, mampu melewati "perang" melawan diri sendiri, baik itu hawa nafsu, iri dan dengki, serta amarah yang ada dalam diri.

Ia atas nama pribadi dan pemerintah mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H Mohon Maaf lahir batin. Halal BI Halal merupakan kesepakatan bersama untuk saling memaafkan, saling bermufakat, menuju seuatu yang lebih baik.

Bupati Suwirta mengharapkan dengan adanya Program Aksi Gema Santi, agar semua umat beragama selalu berpegang teguh pada nilai-nilai kesantunan dan nilai-nilai inovatif.

Ia mengharapkan Kepada tokoh masyarakat muslim untuk mempersiapkan anak-anak dan remaja agar ke depan bisa berguna bagi bangsa dan Negara khususnya di Kabupaten Klungkung.

Untuk itu dapat menjalin kerja sama dan koordinasi dengan Desa Adat setempat jika melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan dan sebaliknya dalam menciptakan kolaborasi yang nantinya mampu membentuk keselarasan antarumat beragama.

Kegiatan keagamaan yang selama ini sudah dilakukan di Kampung Jawa antarta lain berkolaborasi dengan Sekaa Baleganjur di Banjar Mergan dalam kegiatan Takbiran, serta pada kegiatan buka puasa yang diselenggarakan di Kampung Gelgel mengundang tokoh adat setempat.

"Kegiatan seperti itu dan kebersamaan lainnya agar terus dapat dilakukan untuk menjaga tali silahturahmi dan menjaga Kebhinekaan," ujar Bupati Suwirta.

Acara Tersebut diisi dengan hiburan dan seni kreativitas anak-anak serta remaja muslim, di antaranya persembahan Tari Saman dari TK Paud Bina Bakti dan Bee Camp Percussion. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Dewa Sentana

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017