Semarapura (Antara Bali) - Bupati Klungkung, Bali I NYoman Suwirta, menghadiri empat kali puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Sekaa Teruna-Teruni (STT) dalam satu malam di wilayah itu, guna memberi penekanan generai muda agar berperan memajukan pembangunan.

Keempat STT yang merayakan HUT secara bersamaan di wilayah setempat, Sabtu malam, yaitu HUT ke-27 STT Widya Mandala Banjar Pande Galiran, Semarapura Klod; HUT ke-1 STT Satya Dharma Winangun; HUT ke-43 STT Bandhu Hita Banjar Takmung; dan HUT ke-14 STT Makar Sari Banjar Anyar Kusamba.

Di hadapan generasi muda dan masyarakat dari satu desa ke desa lainnya, Bupati Nyoman Suwirta menekankan semangat generasi muda dalam menjaga persatuan, hubungan yang harmonis dan serasi (menyama braya), menjaga tradisi adat dan budaya di Bali, khususnya di Kabupaten Klungkung.

"Itu merupakan pondasi yang kuat untuk menumbuhkembangkan generasi penerus yang cerdas dan berkualitas dalam mengajegkan berbagai inovasi dan kreativitas, apalagi generasi muda yang akan meneruskan kepemimpinan dan pembangunan di masa mendatang," katanya.

Bupati I Nyoman Suwirta juga memberikan apresiasi terhadap kreativitas dan inovasi yang ditunjukkan para Sekaa Teruna, salah satunya saat menyanyikan bersama lagu "Gema Santi", salah satu lagu yang mengharuskan semuanya untuk selalu menjaga kedamaian.

Ia mengharapkan agar program aksi Pemerintah Kabupaten Klungkung dapat terlaksana dengan baik, sehingga daerah ini ke depan bisa menjadi Unggul dan Sejahtera.

"Mari kita bersama-sama kuatkan dan tanamkan selalu rasa kedamaian, terutama penggunaan media sosial secara baik untuk pondasi membangun Klungkung sehingga ke depan lebih baik," katanya.

Selain itu, maraknya narkoba juga harus dihindari agar jangan sampai anak-anak muda terjerumus ke hal-hal yang negatif.

Yang terpenting koordinasi antara Sekaa Teruna dengan tokoh masyarakat harus terjalin dengan baik, sehingga apa yang diharapkan bisa berjalan dengan maksimal.

"Program-program STT harus lebih berinovasi seperti memberantas narkoba, Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dan menghindari minum-minuman keras serta mengajarkan masyarakat hidup sehat," ujar Bupati Suwirta. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017