Denpasar (Antara Bali) - PT Pertamina bekerja sama dengan Blue Bird Group dan BRI untuk memudahkan melakukan transaksi pembelian bahan bakar jenis Pertalite di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dengan menggunakan kartu BRIZI.

Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan oleh ketiga instansi, yakni PT Pertamina diwakili oleh Marketing Branch Managar Areal Bali-NTB PT Pertamina, I Ketut Permadi Arya Kumara, Blue Bird Group oleh General Manager Areal Bali-Lombok Putu Gede Panca Wiadnyana dan Bank BRI oleh Wakil Pemimpin Wilayah Bidang Bisnis Bank Rakyat Indonesia (BRI) Denpasar, Yoyok Mulawarman, yang dituangkan dalam nota kesepahaman.

"Kami harapkan melalui kerja sama ketiga instansi ini akan saling memberi kemudahan dan keuntungan, baik bertransaksi maupun mendapatkan BBM Pertalite," kata Marketing Branch Managar Areal Bali-NTB PT Pertamina, I Ketut Permadi Arya Kumara di sela penandatanganan kerja sama tersebut di Nusa Dua, Bali, Jumat.

Ia mengatakan Pertamina terus melakukan sosialisasi kepada warga masyarakat untuk menggunakan BBM jenis Pertalite dari kualitas lebih baik dari premium.

"Kami terus melakukan sosialisasi kepada warga masyarakat agar beralih menggunakan bahan bakar nonsubsidi, yakni Pertalite maupun jelas BBM lainnya," katanya.

Sosialisasi yang dilakukan Pertamina, kata dia, untuk turut serta melakukan program pemerintah dalam menyosialisasikan penggunaan BBM jenis Pertalite.

"Jenis Pertalite selain harganya terjangkau, tapi juga kandungannya lebih baik dari Premium. Sehingga dapat memberi manfaat dalam pemeliharan kendaraan. Disamping itu dengan menggunakan jenis BBM Pertalite kebutuhan mesin kendaraan lebih irit," ujarnya.

Ketut Permadi Arya lebih lanjut mengatakan kendaraan yang baru saat ini dianjurkan menggunakan jenis Pertalite atau Pertamax. Karena jika BBM ini digunakan maka keuntungannya adalah menghematan pengeluaran dan irit bahan bakar kendaraan.

Oleh karena itu, kata dia, berharap kehadiran BBM jenis Pertalite maupun Pertamax tersebut di SPBU akan memberi pilihan bagi konsumen.

"Kami harapkan warga masyarakat beralih menggunakan BBM jenis tersebut. Selain harga terjangkau juga membantu agar mesin kendaraan lebih awet," katanya.

Ketut Permadi Arya menambahkan saat ini targetnya ada di 15 unit SPBU yang siap melayani konsumen dengan menggunakan kartu BRIZZI. Dan SPBU yang melayani penggunaan kartu tersebut letaknya juga strategis.

"Kami akan terus meningkatkan jumlah tempat pelayanan yang menggunakan kartu. Saat ini baru ada di 15 tempat. Namun ke depannya pasti kami akan perbanyak lagi," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Pemimpin Wilayah Bidang Bisnis BRI Denpasar, Yoyok Mulawarman mengatakan dengan kerja sama tersebut, pihaknya juga memberi kemudahan dalam bertrasaksi menggunakan BRIZZI, karena kartu tersebut bisa diisi secara mudah.

"Penggunaannya sangat mudah, termasuk juga jika mengisi saldo dalam kartu tersebut. Jika konsumen memiliki rekening e-banking BRI, iya tinggal ditempel di handphone dan kirim ke kartu secara otomatis akan terisi saldo," ujarnya.

Begitu juga dalam penggunaan, semisal di SPBU juga sangat muda dalam pengisian BBM. Termasuk juga pembayaran tol.

"Kalau di SPBU jika konsumen membeli BBM, maka sesuai dengan permintaan, maka saldo pun dipotong sesuai permintaan. Jadi tidak perlu mengeluarkan uang recehan jika ada kelebihan. Kesimpulannya menggunakan kartu BRIZZI memberi kemudahan dalam bertransaksi dimana saja," katanya.(I020)

Pewarta: Pewarta Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017