Singaraja (Antara Bali) - Bupati Buleleng, Bali, Putu Agus Suradnyana mendorong pengoptimalan program pemulihan danau kembar Buyan dan Tamblingan yang saat ini keadaannya cukup memprihatinkan.

  "Kami mengajak semua pihak dan instansi terkait membangun sinergitas percepatan pemulihan ekosistem Taman Wisata Alam Buyan-Tamblingan," kata dia di Kota Singaraja, Rabu.

Ia mengatakan tujuan diskusi adalah agar kedua danau yang memiliki potensi luar biasa tersebut dapat berfungsi secara optimal tanpa menganggu lingkungan.

Perlindungan sistem penyangga kehidupan, pengawetan sumber plasma nuftah dan pemanfaatan secara lestari khususnya untuk wisata alam menjadi fokus pemulihan wilayah Buyan-Tamblingan.

"Keempat hal itu akan menjadi fokus kerja kita nantinya" ujar Agus Suradnyana.

FGD dilakukan atas saran dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) setelah melihat keseriusan Pemkab Buleleng dalam menjaga alam dan lingkungan khususnya Danau Buyan dan Tamblingan.

Sebelumnya, Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Bali dan Nusra Kementrian LHK, Drs. Rijaluzzaman melakukan audiensi dengan Pemkab Buleleng yang diterima langsung Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG.  (WDY)

Pewarta: Pewarta: IMB Andi Purnomo

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017