Denpasar (Antara Bali) - Masyarakat Kesadaran Krishna Internasional (ISKCON) Indonesia siap menggelar festival "Jagannath Ratha Yatra" atau Pawai Kereta Arca Tuhan di Niti Mandala Renon, Kota Denpasar, Bali, Minggu.

"Ribuan umat Hindu dari seluruh Indonesia akan datang ke Denpasar untuk memeriahkan Ratha Yatra," kata Ketua ISKCON Indonesia, Nengah Wijaya, di Denpasar.

Ia mengatakan, Festival Kereta Ratha Yatra merupakan Festival menarik Kereta Sri Jagannath yang telah dilangsungkan hampir setiap tahun di Pulau Dewata.

Tujuan dari festival tersebut adalah menyebarkan karunia Tuhan kepada umat manusia dan memberikan vibrasi kedamaian dan ketentraman.

"Turunnya Sri Jagannatha ke jalan-jalan umum karena Beliau berkeinginan memberikan kesempatan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk dapat melihat rupa Tuhan.

"Sembari juga melakukan persembahan suci kepada Sang Pencipta dengan menarik Tuhan ke hati mereka," tutur dia.

Festival Jagannath Ratha Yatra telah dilaksanakan di beberapa kota besar, seperti Jakarta, Palangkaraya, Surabaya, Medan, Yogjakarta, Malang dan beberapa kota lainnya.

Selain Festival Ratha Yatra juga digelar berbagai pameran buku, stan kuliner dan beberapa kegiatan hiburan lainnya melibatkan beberapa pengurus pasraman di Pulau Dewata.

"Puncaknya adalah (2/7). Dimana kereta akan diarak mengelilingi Niti Mandala Renon melibatkan ribuan umat dari seluruh wilayah tanah air," terangnya.  (WDY)

Pewarta: Pewarta: IMB Andi Purnomo

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017