Singaraja (Antara Bali) - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali mengapresiasi dukungan pemerintah daerah setempat dalam pengajuan Program Studi Kedokteran ke Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristek Dikti).

"Kami mengapresiasi dukungan luar biasa dari pemerintah daerah dalam hal ini bupati, wakil bupati dan juga dari DPRD Buleleng," kata Rektor Undiksha, Dr I Nyoman Jampel MPd, Selasa.

Ia mengatakan, dukungan dari pemerintah tersebut diharapkan dapat menjadi dorongan tambahan bagi semua civitas akademika di kampus pendidikan terbesar di Pulau Dewata tersebut.

Jampel mengungkapkan, pihaknya optimistis tahun ini akan ada kejelasan informasi mengenai prodi kedokteran yang nantinya menjadi satu-satunya di Bali Utara tersebut.

Menurutnya, keberadaan Prodi Kedokteran akan menambah citra Kabupaten Buleleng dan Kota Singaraja khususnya sebagai kota pendidikan di Pulau Dewata.

"Singaraja sudah dikenal sebagai kota pendidikan dan keberadaan Prodi Kedokteran tentu akan semakin menambah citra kota pendidikan Singaraja di mata masyarakat," tutur dia.

Sebelumnya, Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana menyatakan mendukung penuh dan siap mengawal pengusulan Prodi Kedokteran Undiksha.

Bahkan, kata dia, keberadaan Prodi Kedokteran dapat membantu penyediakan tenaga dokter di Buleleng yang hingga kini masih kekurangan di beberapa posisi sentral baik di rumah sakit daerah maupun pratama.

Politisi PDIP itu juga mengemukakan, pemkab akan terus berupaya signifikan mendirikan prodi unggulan tersebut meskipun mendapatkan banyak hadangan dari berbagai pihak yang tidak menginginkan keberadaan prodi tersebut.

Prodi kedokteran memiliki gengsi tersendiri di suatu universitas dan selalu menjadi "primadona" dibandingkan prodi-prodi lainnya.  (WDY)

Pewarta: Pewarta: IMB Andi Purnomo

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017