Denpasar (Antara Bali) - Vihara Asoka Arama Denpasar bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Provinsi Bali menyelenggarakan program "Pelatihan Atthasilani" khusus pelajar, yakni memperkenalkan ajaran kehidupan sebagai petapa, yang digelar sejak 15 Juni hingga 26 Juni 2017.

Ketua Panitia Kegiatan "Pelatihan Atthasilani" Khusus Pelajar, Bhikkhu Sakhadhammo di Denpasar, Minggu, mengatakan kegiatan ini untuk mengajarkan ajaran kehidupan seorang petapa. Dan program kali ini dikhususkan untuk kalangan pelajar.

"Kegiatan kali ini khusus untuk para pelajar untuk mengisi liburan sekolah. Sehingga dari kegiatan ini maka pelajar umat Buddha akan lebih memahami ajaran-ajaran kebajikan yang telah diturunkan oleh sang Buddha," katanya.

Ia mengatakan diselenggarakan kegiatan ini bertujuan untuk mengarahkan generasi muda (pelajar) mengisi liburan sekolahnya dengan hal yang positif dan bermanfaat bagi kehidupannya.

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan kehidupan sebagai seorang petapa (bhikkhu/bhikkhuni) , dan juga mempelajari lebih dalam tentang Buddha Dhamma," ujarnya.

Bhikkhu Sakhadhammo lebih lanjut menjelaskan berbagai materi pelajaran yang diberikan, antara lain "Pokok Pokok Dasar Agama Buddha, Upasaka dan Upasika Sila (moralitas bagi umat Buddha), Riwayat Hidup Buddha Gautama, Ketuhanan, Kepemimpinan, Wanita Buddhis, Sejarah Perkembangan Agama Buddha di Bali , Dhammaduta dan materi lainnya".

"Setiap harinya kami juga memberikan pelajaran meditasi dan disertai dengan pembacaan Parita Cinta Kasih atau Metta Chanting," ujarnya.

Sedangkan untuk acara "Pindapata" kata Bhikkhu Sakhadhammo, akan diadakan setiap hari Minggu selama program tersebut diselenggarakan di Vihara Asoka Arama.

"Untuk program Pindapata sudah dilakukan pada 17 Juni dan hari ini (25/6). Sedangkan penutupan pelatihan tersebut akan dilakukan Kantor Kementerian Agama Kota Denpasar, bagian penyelenggara Buddha," katanya.(I020)

Pewarta: Pewarta Komang Suparta

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017