Singaraja (Antara Bali) - Khatib shalat Idul Fitri 1438 Hijriah di Lapangan Taman Kota Singaraja, Bali, Ali Musthofa S.Ag MHI mengajak umat Islam di daerah itu terus memperkuat rasa toleransi dan kebersamaan antarumat beragama demi mendukung pembangunan daerah.

"Mari perkuat rasa kebersamaan dan bahu membahu dalam mendukung pembangunan di Buleleng," katanya di hadapan ribuan umat Islam di Kota Singaraja, Minggu.

Ia mengatakan, sebulan penuh di dalam Ramadhan telah dilaksanakan pengemblengan lahir dan bhatin sebagai ujian iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Dengan pengemblengan tersebut, menurutnya, sudah sepantasnya tidak ada ego sektoral dalam hal kehidupan bermasyarakat, intra dan antarumat beragama.

Dikatakan, toleransi antarumat beragama dinilai suatu hal yang sangat penting demi menjaga tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Terlebih lagi, Buleleng memiliki sejarah panjang mengenai kehidupan toleransi masyarakatnya yang berasal dari berbagai suku, agama dan ras.

Ali Musthofa juga mengajak semua umat Islam untuk kembali kepada fitrah manusia dengan kepribadian manusiawi. Artinya manusia hidup memiliki sifat-sifat mulia penuh akan nilai kebaikan.

"Mari bersama-sama jaga makna Idul Fitri ini menuju kebersamaan yang indah. Mari saling harga menghargai dan mengasihi sesama ciptaan Tuhan," tambah dia.  (WDY)

Pewarta: Pewarta: IMB Andi Purnomo

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017