Mangupura (Antara Bali) - Sebanyak 9.089 Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Perangkat Desa Se-Kabupaten Badung menandatangani pakta integritas sebagai bentuk komitmen dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di daerah itu lebih baik ke depannya.

"Penandatanganan pakta integritas ini merupakan perjanjian ASN dan perangkat desa agar meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Badung," kata Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dalam acara Apel Paripurna di Puspem Badung, Senin.

Ia menegaskan, dalam penandatanganan pakta integritas itu terdapat 10 item yang telah disepakati dan apabila hal ini dilanggar maka yang bersangkutan akan mendapatkan tindakan peringatan, degradasi sampai pemecatan.

Konsep ini untuk mengikat ASN semua sehingga tugas pokok dan fungsi, hak dan kewajiban dapat dilaksanakan dengan baik. "Pelaksanaan tugas pokok dan fungsi, hak maupun kewajiban harus dilakukan dengan respon cepat," katanya.

Apabila pakta integritas ini dapat dilaksanakan dengan baik, Bupati akan menjadi "role model" ditingkat nasional bahkan di internasional untuk SKPD yang berhasil memberikan pelayanan maksimal ini.

`Kami mengapresiasi kepada ASN dan seluruh perangkat Desa di Badung, karena mampu menggerakkan apa yang menjadi pemikiran pimpinan (Bupati dan Wakil Bupati)," katanya.

Seperti pemikiran dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD). Setelah itu masuk ke Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Semesta Berencana dengan konsep hulu, tengah dan hilir.

Sementara itu, Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa menambahkan, penandatanganan pakta integritas sebagai wujud pelaksanaan reformasi birokrasi yaitu upaya perubahan mendasar dalam tubuh birokrasi.

"Upaya ini bertujuan meningkatkan etos kerja, kebersamaan dan sinergitas antar perangkat daerah serta memperkuat rasa tanggung jawab seluruh ASN dan perangkat desa dalam mewujudkan visi misi, menyukseskan prioritas program pembangunan sesuai RPJMD Semesta Berencana tahun 2016-2021," katanya.

Secara umum penandatanganan fakta integritas yang ditandatangani berisi janji, tekad untuk melaksanakan kewajiban dengan penuh rasa tanggung jawab mengutamakan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi atau golongan.

"Melalui fakta integritas ini kami harapkan akan tumbuh etos kerja dan kesadaran tinggi untuk melaksanakan kewajiban selaku ASN dan pengabdian selaku perangkat desa dengan penuh rasa tanggung jawab, dalam rangka mewujudkan masyarakat Badung yang maju, damai dan sejahtera," ujarnya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017