Amlapura (Antara Bali) - Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri mengatakan, daerahnya di ujung timur Pulau Bali memiliki potensi wisata berupa daerah pegunungan hingga pesisir pantai yang memberikan keragaman berupa alam yang dapat dikembangkan secara maksimal.

"Luas wilayah dengan ketersediaan lahan memberi peluang untuk dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat, disamping potensi non fisik berupa sistem religi, sosial dan kegiatan budaya masyarakat yang beragam menjadi potensi besar untuk dikembangkan sebagai sebuah atraksi kearifan lokal," kata Bupati I Gusti Ayu Mas Sumatri di Amlapura, sekitar 95 km timur Denpasar, Senin.

Ia mengatakan hal itu ketika membuka "Seminar Destination Branding" yang digelar Bappelitbangda setempat untuk penyusunan kajian strategi pengembangan potensi sumberdaya unggulan daerah.

"Keunggulan lokal itu menjadi jati yang harus kita gaungkan. Demikian juga halnya dengan jati diri masing- masing wilayah kecamatan perlu dibangun serta diperkuat sehingga potensi itu mampu memberi peluang untuk dikembangkan dalam pelestarian potensi alam," katanya.

Selain itu mampu menguatkan aspek sosial-budaya serta manfaat ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus berujung pada meningkatnya kualitas hidup".

Ia mengharapkan seminar tersebut dapat memetakan potensi daerah Kabupaten Karangasem dari segi kewilayahan, segi kondisi internal dan eksternal.

Sementara itu, Kepala Bappelitbangda Kabupaten Karangasem I Made Sujana Erawan menjelaskan, seminar tersebut membahas laporan pendahuluan penyusunan kajian strategi pengembangan potensi sumberdaya unggulan daerah melalui "Destination Branding" di Kabupaten Karangasem.

Upaya itu untuk menggali potensi dan meningkatkan potensi berdasarkan prioritas dan kesesuaiannya dengan rencana strategis untuk daerah mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

Seminar mengusung tema "Strategi Pengembangan Potensi Sumber Daya Unggulan Daerah melalui Destination Branding Kabupaten Karangasem" melibatkan berbagai pihak anggota DPRD, Majelis Desa Pakraman, Asisten, Staf-Ahli, Tim Ahli, Organisasi Perangkat Daerah, Perguruan Tinggi, lembaga swadaya masyarakat (LSM), Organisasi Wanita, Organisasi Pemuda, Organisasi Profesi, Perwakilan Perbekel dan Sekolah.

Seminar tersebut serangkaian perayaan HUT ke-377 Kota Amlapura menampilkan pembicara Asisten Deputi Bidang Bisnis dan Pemerintahan Kementerian Pariwisata RI Tazbir, Kepala BPS Kabupaten Karangasem Anak Agung Nyoman Rai, pakar bidang bisnis Arief Budiman yang dipandu Ida Bagus Agung Gunastawa selaku Pengurus Pusat Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017