Singaraja (Antara Bali) - Pemuda Peduli Lingkungan Bali (PPLB) terus melakukan pendampingan program bank sampah di Desa Kalibukbuk sebagai wujud nyata kepedulian pemuda terhadap kebersihan lingkungan di wilayah tersebut.

"Kami mendampingi peluncuran bank sampah Desa Kalibukbuk karena desa itu baru pertama kali menjalankan bank sampah," kata Ketua PPLB Buleleng, Gede Ganesha, di Singaraja, Senin.

Ia mengatakan, Desa Kalibukbuk selama ini menjadi salah satu desa binaan dari PPLB Buleleng terkait program penanggulangan sampah plastik.

Desa Kalibukbuk diamati selama ini fokus menggencarkan berbagai program penyelamatan lingkungan, terintegrasi dengan program desa dan kegiatan kepemudaan.

Ganesha menambahkan, PPLB akan sangat senang hati apabila ada desa yang ingin menerapkan bank sampah di desanya, demi menjaga kebersihan dan kelestarian alam di wilayah Bali Utara.

"Kami siap membagi ilmu bersama siapapun terkait penerapan bank sampah. Terpenting bagaimana masyarakat teredukasi dengan program dari PPLB ini," kata dia.

Program bank sampah di Desa Kalibukbuk memberikan kabar gembira baginya karena dominan diikuti anak-anak di wilayah itu. Anak-anak menurutnya aset bangsa yang harus paham mengenai program pengolahan sampah yang baik dan benar.

"Dominan anak-anak yang ikut program nasabah bank sampah. Itu sangatlah luar biasa. Mereka pewaris pembangunan kedepan dan pemberdayaan lingkungan merupakan program yang harus terus digaungkan," jelas Ganesha. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017