Denpasar (Antara Bali) - Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta mengajak para pedagang peserta pameran dalam ajang Pesta Kesenian Bali ke-39 untuk fokus mempromosikan berbagai produk kerajinan dan kuliner khas daerah setempat.

"Bagi para perajin, saya minta selalu menonjolkan kualitas produk agar bisa mengangkat pamor kerajinan khas Bali," kata Sudikerta saat memberi pengarahan kepada 200 perajin dan 28 pedagang kuliner yang akan memeriahkan ajang PKB 2017 di Denpasar, Kamis.

Menurut dia, PKB yang akan berlangsung dari 10 Juni-8 Juli 2017 di Taman Budaya Denpasar itu adalah ajang perkenalan produk agar diketahui secara lebih luas, baik oleh masyarakat nasional hingga mancanegara.

Demikian juga dengan kuliner yang ada di stan resmi PKB adalah kuliner khas Bali yang mewakili kabupaten/kota di Bali. "Makanan cepat saji ataupun modern yang tidak begitu berhubungan dengan kuliner Bali, saya harap jangan ditampilkan di PKB," ujarnya.

Selain makanan khas Bali, hal yang ditegaskan oleh orang nomor dua di Bali itu adalah tentang kebersihan makanan yang disajikan.

"Ini menyangkut kualitas makanan juga, saya harap para pedagang bisa menjamin kebersihan makanan, saya tidak ingin ada berita orang sakit habis makan di PKB," ujarnya.

Selain itu, ia juga meminta para pedagang untuk mencantumkan harga di setiap makanannya, hal ini bertujuan agar ada transparansi kepada pembeli.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali Ni Wayan Kusumawathi mengatakan agar para perajin bisa mematuhi SOP yang telah ditetapkan oleh panitia.

Hal tersebut juga untuk menghindari ada ungkapan kekecewaan oleh para perajin jika ada yang belum bisa pameran di PKB, karena menurutnya, itu murni produk mereka belum memenuhi kualitas untuk berpameran di sana.

"Semua perajin harus bersatu jangan saling menjatuhkan. Maka saya minta Anda semua rembuk dulu masalah harga, karena pada intinya, keberhasilan ajang PKB kali ini adalah keberhasilan kita semua," kata Kusumawathi.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali AA Gede Yuniartha Putra menambahkan pihaknya kali ini telah kerja sama dengan www.baligolive.com untuk menaikkan gaung PKB hingga kancah internasional.

"Seluruh masyarakat dunia bisa mengakses semua acara PKB melalui siaran di channel You Tube hingga semua media sosial. Di samping itu, kami sudah bekerja sama dengan Asita untuk mempromosikan ajang PKB hingga ke luar negeri," ujar Yuniartha.(WDY)

Pewarta: Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017