Denpasar (Antara Bali) - Pemerintah Kota Denpasar memperingati Hari Lanjut Usia (Halun) dengan menggelar kegiatan lomba seni budaya, antara lain lomba menyanyi, menari serta safari kesehatan.

"Halun ini memang diperingati setiap tahun. Kali ini diberikan kebebasan para lansia untuk menunjukkan keterampilannya, seperti dalam pementaskan seni dan budaya, yakni menari joged, mengibing, dan menyanyi. Mereka diberikan kesempatan untuk bergembira oleh keluarganya," kata Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra pada peringatan Halun di Denpasar, Minggu.

Ia mengatakan Halun tidak saja menjadi peringatan rutin di Denpasar, namun diharapkan mampu meningkatkan martabat para lansia itu sendiri. Hal itu tentunya telah dilakukan berbagai program oleh Pemkot Denpasar yang nantinya mampu memberikan manfaat baik dari segi kesehatan maupun program-program pelayanan lainnya kepada para lansia.

Di samping itu, kata Wali Kota Rai Mantra, keberadaan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) juga diberdayakan bersama lewat program sosial dan program Rumah Berdaya Denpasar. Sehingga dalam peringatan Halun ini dapat menjadi program sinergi pemberdayaan dari ODGJ hingga lansia.

"Di hari yang sama juga kita lihat Rumah Berdaya di Jalan Hayam Wuruk Denpasar, para ODGJ atau yang saat ini dikenal dengan sebutan Orang Dengan Skizofrenia diberdayakan dalam satu rumah berdaya dengan berbagai hasil produk kreatifitasnya," ujarnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Sosial Kota Denpasar, I Ketut Likub mengatakan peringatan Halun diisi dengan berbagai kegiatan meliputi bakti sosial dengan pemberian sembako, safari kesehatan, lomba seni seperti, lomba joged dan pengibing lansia, lomba megenjekan, lomba berpakaian adat berpasangan ke pura, lomba mewirama, lomba senam lansia dan lomba mengending (menyanyi) Bali.

"Peringatan Halun melalui berbagai kegiatan terpadu antara warga masyarakat dan pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas kesejahteraan lanjut usia," katanya.

Sebelum acara di mulai, Wali Kota Rai Mantra tampak menyapa para lansia sembari bercanda, bahkan diberikan kesempatan untuk foto bersama. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017