Negara (Antara Bali) - Ancaman lewat SMS yang mengatakan akan ada peledakan bom di Pelabuhan Perikanan Nusantara di Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali, tidak terbukti.

Aparat kepolisian dan institusi terkait yang berjaga-jaga di pelabuhan tersebut hingga Rabu dinihari tidak menemukan hal-hal yang mencurigakan di sekitar pelabuhan. Sejak Selasa (26/4) sore setelah beredar SMS bom tersebut, aparat keamanan didominasi dari unsur intelijen menyebar di seluruh areal pelabuhan.
    
Penjagaan paling ketat dilakukan di Pos Polisi Air. Di lokasi itu, selain polisi air yang siaga penuh juga tampak aparat dari intel Polres Jembrana serta dari TNI. Ketatnya penjagaan itu dilakukan karena ancaman tersebut juga membuat heboh aparat desa dan warga setempat.
    
Kepala Desa Pengambengan H Asmuni Turyadi mengatakan, dirinya menerima kabar adanya SMS ancaman bom itu dari salah satu stafnya pada Selasa (26/4) sekitar pukul 17.30 wita.
    
Mendapatkan laporan mengenai SMS itu aparat keamanan bertindak cepat dengan menggelar rapat dan mengumpulkan seluruh aparat desa sampai kepala dusun untuk menangani masalah tersebut.
    
"Saya berjaga-jaga di sini bersama aparat desa lain juga biar bisa memberikan keterangan kepada masyarakat jika ada yang datang dan bertanya ke sini," kata Asmuni.
    
Di sisi lain, banyak yang menduga SMS itu hanyalah iseng dari seseorang namun belum diketahui motifnya. Sebab, nomor hanphone yang mengirimkan SMS tersebut sempat dihubungi dan terdenga nada sambung.
    
Salah seorang anggota polisi yang datang ke lokasi pelabuhan mengatakan, temannya sempat menghubungi nomor itu dan sempat diangkat oleh pemiliknya. Namun saat ditanya identitas dan alamatnya langsung dimatikan.
    
Usaha untuk menghungi nomor tersebut juga dilakukan Kepala Dusun Kepala Balian, Desa Pengambengan, Ka'abil Akbar yang mana pelabuhan berada di wilayahnya. Namun, meski sempat diangkat, pemilik nomor itu tidak mau berkomunikasi lebih lanjut.
    
Sebelumnya diberitakan, SMS berisi informasi akan ada peledakan bom di sekitar dermaga Pelabuhan Perikanan Nusantara Pengambengan, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana beredar di kalangan warga setempat.
    
SMS itu berbunyi, "Sekitar dermaga dan pengambengan ada bom peledakan kira-kira pukul 9 malam. Tolong instruksikan kepada rekan setempat". SMS yang masuk Selasa sekitar pukul 17.00 wita ini dikirim dari nomor 087762651435.(*)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011