Semarapura (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Klungkung, Bali menggelar "Semarapura Festival" ke-3/tahun 2017 yang menyuguhkan berbagai kegiatan seni budaya, kuliner dan pameran hasil UMKM mampu menarik perhatian sekitar 50.000 pengunjung.

"Kegiatan yang berlangsung selama lima hari, tercatat terjadi transaksi mencapai Rp 1 miliar," kata Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, Kamis.

Kegiatan Semarapura Festival bertujuan untuk mempromosikan Klungkung sebagai tujuan wisatawan, menggali potensi seni budaya maupun wisata alam.

Ia mengharapkan melalui kegiatan festival tersebut mampu memperkenalkan dan menambah daya tarik bagi wisatawan dalam dan luar negeri.

Oleh sebab itu masyarakat bersama instansi terkait bertekad untuk terus mempromosikan seni budaya dan potensi unggulan daerah itu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Yang penting setelah kami menggelar kegiatan festival segera disusulan dengan melakukan evaluasi dan tindaklanjutnya," ujar Bupati Suwirta.

Bupati Nyoman Suwirta yang wilayahnya meliputi daerah kepulauan yakni Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan melakukan berbagai upaya dan terobosan agar potensi tersebut mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

Dua pertiga wilayah Kabupaten Klungkung dibatasi oleh lautan dan hanya sepertiga wilayahnya menyatu dengan daratan Bali.

Upaya yang dilakukan selama ini mendapat apresiasi dari Gubernur Bali Made Mangku Pastika yang dinilai mampu meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dua kali lipat sejak mengendalikan daerah itu.

Hal itu berkat adanya kemajuan yang ditopang oleh pembangunan sektor pariwisata dan berbagai aspek pembangunan lainnya yang mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Dewa Sentana

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017