Gianyar (Antara Bali) - Ni Kadek Sukma Apti Pertiwi (17) dan Putu Dipta Priyatna (20) setelah melalui seleksi yang sangat ketat terpilih menjadi Jegeg Bagus Duta Pariwisata Kabupaten Gianyar 2017.

"Hal itu merupakan keputusan Dewan Juri setelah menyisihkan 10 pasang finalis yang memiliki kemampuan yang baik," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar, AA Ari Brahmanta, seusai acara di Balai Budaya Gianyar, Minggu malam.

Pada acara Grand Final Pemilihan Jegeg Bagus Gianyar yang dihadiri Bupati Gianyar, AA Gde Agung Bharata mendapat perhatian besar masyarakat setempat.

Ni Kadek Sukma Apti Pertiwi (17) dan Putu Dipta Priyatna (20), pasangan yang lolos telah mengikuti tiga kali sekelsi, seleksi pertama memilih 30 pasang, seleksi kedua memilih 20 pasang dan seleksi selanjutnya memilih 10 pasang finalis.

Dari sepuluh besar yang lolos selanjutnya mengikuti berbagai pembekalan, seperti koreografi serta materi dan telah melalui proses penjurian.

Tim juri yang melakukan penilaian dan memutuskan beranggotakan sembilan orang yakni Tjokorda oka Artha Ardhana Sukawati selaku praktisi pariwisata, I Nyoman Darma Putra selaku akademisi budaya, I Wayan Merta selaku akademisi pariwisata, Tjok Abinanda Sukawati selaku perancang busana, Bintang Mira Afriningrum selaku perancang busana, Ni Kadek Winnie Kaori Intan Mahkota selaku pengusaha, Kadek Ridoi Rahayu Jegeg Gianyar 2009, Komang Rahayu Indrawati selaku psikolog dan Ni Nyoman Ayu Andriani Juri etika/prilaku.

"Pada Awal seleksi hingga acara Grand Final, kedua finalis memang mampu menjawab pertanyaan dari dewan juri, mereka juga mampu menyisihkan 10 pasang finalis yang memiliki kemampuan yang baik," ujar AA Ari Brahmanta.

Ia menjelaskan, pemilihan Jegeg Bagus Duta Pariwisata Kabupaten Gianyar merupakan media meningkatkan peran generasi muda dalam membangun Gianyar.

Selain itu sebagai upaya untuk bisa dijadikan media kreativitas serta semangat generasi muda agar lebih profesional. Tema yang diangkat merupakan usaha membangkitkan kejayaan Gianyar sebagai Kota Pusaka, yakni mampu melestarikan budaya hingga kini. Sehingga ajang ini diharapkan mampu memberi kontribusi terhadap perkembangan pariwisata di Ganyar.

Putu Dipta Priyatna yang terpilih sebagai Bagus Gianyar 2017 asal Padang Tegal, Ubud mengaku, dirinya sangat bersyukur bisa terpilih menjadi Bagus Gianyar 2017.

Untuk itu kedepan ingin memajukan pariwisata Gianyar agar bisa bermanfaat bagi warga Gianyar. Jegeg Gianyar 2017, Ni Kadek Sukma Apti Pertiwi juga bangga sekaligus senang bisa terpilih dan akan berusaha menjadi yang terbaik dalam ajang serupa di Provinsi Bali.

"Saya akan berbuat maksimal untuk Gianyar kedepan," ungkap Jegeg asal Tegallalang tersebut.

Bupati Gianyar, AA Gde Agung Bharata memberikan apresiasi terhadap kegiatan pemilihan Jegeg Bagus Duta Pariwisata Kabupaten Gianyar 2017.

Ia mengharapkan kegiatan tersebut bisa dijadikan media yang mampu mencetak generasi muda yang mampu monyosialisasikan potensi pariwisata Gianyar di kancah dunia.

Hal itu pentinng karena kegiatan kali ini juga dihadiri Mojang Jejaka Kota Bandung, dan Dimas Diajeng Kota Sleman, Cak Ning Kota Surabaya, Jegeg Bagus se-Bali serta duta pariwisata dari daerah lain.

Hal itu hendaknya mampu dijadikan momentum mengenalkan Gianyar. Pembangunan Gianyar bukan hanya fisik semata, namun juga membangun sumber daya manusia, sehingga bisa bersaing di era global.

"Saya ucapkan selamat ke para pemenang dan ingatlah juara bukan tujuan, namun media ini bisa dijadikan ajang dalam membangun Gianyar di berbagai bidang," ujar Bupati Agung Bharata.  (WDY)

Pewarta: Pewarta: Wayan Artaya

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017