Mangupura (Antara Bali) - Bupati Badung, Bali, I Nyoman Giri Prasta, meminta finalis `Jegeg Bagus` Kabupaten Badung yang lolos ke putaran final 2017 untuk menjadi duta pariwisata yang mempromosikan pariwisata daerahnya, khususnya Festival Budaya Bahari 2018.

"Saya menginginkan Jegeg Bagus Kabupaten Badung terlibat dalam upaya ini, khususnya Festival Budaya Bahari 2018 di Tanjung Benoa, Kutuh, Pecatu dan Jimbaran," ujarnya di Mangupura, Senin.

Peran serta generasi muda (jegeg bagus) dalam menyampaikan informasi kepada wisatawan tentang potensi wisata bahari di daerahnya itu akan diperkuat dengan pelatihan yang akan diberikan oleh Dinas Pariwisata Badung.

Terkait dengan pemilihan Jegeg Bagus Kabupaten Badung, Giri Prasya akan mengevaluasi berkaitan rekrutmen duta pariwisata di daerahnya ini agar betul-betul selektif.

Sebelumnya, proses pelaksanaan seleksi Jegeg Bagus Badung yang diikuti 80 orang sudah berkurang menjadi 10 orang dan nantinya akan diseleksi menjadi satu duta Jegeg Bagus sebagai duta pariwisata bahari.

"Untuk anggaran, kami siap mendukung dari APBD dan duta Jegeg Bagus Badung itu akan mendapat informasi potensi wisata bahari di Badung melalui pelatihan dan juga akan diberikan gaji," ujarnya.

Dalam Festival Budaya Bahari nanti, Giri Prasta meminta Dinas Pariwasata setempat untuk mengusahakan dengan kegiatan yang meriah dan termegah se-Asia Tenggara.

Sementara itu, Kadis Pariwisata Kabupaten Badung, I Made Badra, mengatakan maksud kegiatan pemilihan Jegeg Bagus Kabupaten Badung Tahun 2017 memilih duta pariwisata di daerah tersebut yang mewakili dalam ajang Jegeg Bagus Tingkat Provinsi Bali.

"Kegiatan ini juga sebagai media untuk dapat menyalurkan potensi dan daya kreativitas generasi muda yang sehat jasmani, rohani, bermoral, berbudi pekerti yang luhur, berbudaya, berpengetahuan luas serta memiliki kecerdasan intelektualitas," ujarnya.

Selain itu, kegiatan ini merupakan profil Jegeg Bagus Kabupaten Badung sebagai mitra pariwisata di tingkat daerahnya, tingkat nasional maupun internasional.

"Kegiatan ini juga diharapkan membantu mempromosikan pariwisata Kabupaten Badung khususnya dan pariwisata Bali pada umumnya, sehingga berperan dalam meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara maupun domestik yang tahun ini ditargetkan mencapai enam juta wisatawan mancanegara," ujarnya.

"Jumlah peserta yang mendaftar Jegeg Bagus Kabupaten Badung Tahun 2017 berjumlah 87 orang, yang diikuti oleh wakil dari masing-masing Kecamatan se-Kabupaten Badung mulai tingkat SMA, Perguruan Tinggi di Kabupaten Badung dan utusan dari Sekaa Teruna di Kabupaten Badung," ujarnya.

Pihaknya langsung mengumumkan pemenang Jegeg Bagus Badung Tahun 2017 atas nama Citra Laksmi Dewi (duta Jegeg Kabupaten Badung) dan Tony Artana Putra (duta Bagus Kabupaten Badung). (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017