Denpasar (Antara Bali) - Pemerintah Kota Denpasar melakukan ritual "Bakti Penganyar" di Pura Ulun Danu Batur, Kabupaten Bangli serangkaian upacara "Karya Pujawali Ngusaba Kedasa" di pura tersebut.

Dalam ritual "Bakti Penganyar" di Pura Ulun Danu Batur, Senin, dihadiri Wakil Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara, Sekda Kota Anak Agung Ngurah Rai Iswara, Kabag Kesra I Gusti Ngurah Mataram, Ketua Wanita Hindu Dharma Indonesia Kota Denpasar Ny. Antari Jaya Negara serta perangkat daerah lainnya.

Kabag Kesra Setda Kota Denpasar Ngurah Mataram mengatakan pelaksanaan upacara "Bakti Penganyar" merupakan wujud bakti dan penghormatan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa).

"Pelaksanaan `Bakti Penganyar` juga dimaksudkan untuk memohon keselamatan dan kesejahteraan, keseimbangan alam semesta beserta isinya," katanya.

Dalam upacara tersebut juga dipesembahkan Tari Rejang Renteng, tari Wewalian Topeng, pesantian dan tabuh gong yang dipimpin Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Denpasar Ny. Kerti Rai Iswara.

"Upacara `Bakti Penganyar` tersebut dipimpin rohaniwan Hindu Ida Pedanda Gede Made Putraka Timbul dari Griya Timbul Kesiman, Kota Denpasar," ujarnya.

Sementara itu, "Pengemong" (penanggung jawab) Pura Ulun Danu Batur sekaligus "Penglingsir" (tokoh agama) Desa Pakraman Batur Jero gede Duhuran mengatakan karya "Pujawali Ngusaba Kedasa" di Pura Ulun Danu Batur dimulai sejak 18 Maret 2017 yang diawali dengan kegiatan "Nanceb Sunari, Mepengalang, Ngingsah, Negtengang, Nyuci, Nunas Tirta, dan Nyengker Dewasa".

Ia mengatakan upacara puncaknya dimulai 11 April 2017 dengan acara "Betara Katuran Pujawali". Selanjutnya mulai 14-23 April dilaksanakan "Bhakti Penganyar" oleh pemerintah kabupaten dan kota di Bali secara bergilir.

Kemudian pada 24 April 2017 akan dilakukan upacara "Bakti Penyineb" Ida Bhatari yang diisi dengan "Bakti Pepranian, Baris Perang-perangan, Metiti Suara, Nuek Bagia Pula Kerti, Pralina Sampian, Bakti Petetingkeb, Mendem Bagia Pula Kerti, dan Ida Bhatari Ngeluhur/Mesineb".

"Dengan digelarnya pujawali ini kami berharap warga masyarakat Desa Pakraman Batur khususnya dan seluruh umat Hindu melakukan persembahyangan kepada Tuhan (ida betara) untuk memehon keselamatan lahir dan batin," katanya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017