Negara (Antara Bali) - Salat jenazah gaib dilakukan jamaah masjid di Kabupaten Jembrana, untuk Almarhum KH. Hasyim Muzadi usai salat Jumat.

Informasi yang dihimpun, beberapa masjid yang melakukan salat untuk mantan Ketua Umum PBNU ini antara lain Masjid Baiturrahman, Desa Pengambengan, Masjid Mujahidin, Kelurahan Loloan Barat, Kecamatan Negara dan Masjid Ad Dakwah, Kelurahan Loloan Timur.

Di Masjid Baiturrahman, usai salat Jumat, takmir langsung mengajak seluruh jamaah untuk melaksanakan salat jenazah gaib bagi anggota Dewan Pertimbangan Presiden tersebut.

Sebelum khotbah Jumat dimulai, takmir masjid tersebut terlebih dahulu mengumumkan meninggalnya KH.Hasyim Muzadi, dan bersama-sama jamaah yang hadir mengirimkan bacaan Al Fatihah untuknya.

"Meskipun jenazah sudah dimakamkan, tidak apa-apa melakukan salat jenazah gaib untuk beliau. Ini wujud rasa cinta, sayang da hormat kami kepada KH. Hasyim Muzadi, salah satu ulama besar NU," kata Ketua Takmir Masjid Baiturrahman Kyai Sya'rani Yasin.

Pendapat yang sama juga disampaikan Habib Agil Bafaqih, yang mengikuti salat jenazah gaib di Masjid Ad Dakwah, yang sebagai warga NU menurutnya, wajib menghormati dan mencintai ulama.

Selain di tiga masjid tersebut, meskipun tidak melakukan salah jenazah gaib, di Masjid Al Ikrom, Desa Tegalbadeng Barat, jamaah mengirimkan bacaan Al Fatihah dan doa untuk KH. Hasyim Muzadi.(GBI)

Pewarta: Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Gembong Ismadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017