Denpasar (Antara Bali) - Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) Denpasar menggelar "try out" atau tes pemantapan bagi siswa-siswi SMA/SMK di Pulau Dewata yang akan mengikuti Ujian Nasional pada 10-13 April 2017.

"Kegiatan seperti akan dapat membantu siswa-siswi SMA/SMK dalam mempersiapkan diri menghadapi UN mendatang, sekaligus kami dapat mengenalkan kampus kepada calon mahasiswa baru," kata Ketua Panitia Try Out UN 2017 Undiknas, I Made Sindhu, di sela-sela kegiatan itu di Denpasar, Minggu.

Menurut dia, kegiatan tes pemantapan UN SMA/SMK yang mengujikan tiga materi pelajaran yakni Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris itu memang baru pertama kalinya digelar oleh kampus setempat.

"Kami melihat tidak semua siswa mampu mengeluarkan uang tambahan untuk mengikuti les bimbingan belajar dan mengikuti try out di bimbingan belajar tertentu, karena itu kami coba mewadahi lewat kegiatan ini dengan biaya yang sangat murah," ujarnya.

Wakil Direktorat Marketing Undiknas Denpasar itu menjelaskan para siswa yang mengikuti "try out" UN tersebut cukup merogoh kocek untuk biaya pendaftaran yang hanya Rp15 ribu dan sudah termasuk "snack".

Sindhu sangat mengapresiasi minat dari para siswa untuk mengikuti "try out" UN tersebut yang terbilang tinggi. Meskipun pendaftaran sudah ditutup pekan lalu, bahkan ada sejumlah siswa yang mendaftar "on the spot" sesaat sebelum pelaksanaan tes.

Sebanyak 325 peserta yang mengikuti tes itu berasal dari delapan kabupaten/kota di Bali. "Kecuali para siswa SMA/SMK dari Kabupaten Jembrana memang tidak ada yang mengikuti try out ini karena terkendala jarak yang jauh menuju Kota Denpasar," katanya.

Tetapi, tambah dia, siswa-siswi dari Kabupaten Jembrana sudah terlebih dahulu mengikuti "try out" UN karena sudah difasilitasi untuk pelaksanaannya di kabupaten setempat belum lama ini.

"Untuk materi soal disiapkan oleh tim dosen Undiknas yang memang dari latar belakang pendidikan keguruan, selain juga bekerja sama dengan lembaga pendidikan, serta materi dari bank soal," ucap Sindhu.

Keistimewaan lainnya mengikuti "try out" di salah satu kampus swasta unggulan di Bali itu, kata dia, bagi 100 orang peraih nilai tertinggi sesuai dengan standar yang ditetapkan akan dapat langsung kuliah di Undiknas.

"Jadi, ada jatah untuk 100 nilai tertinggi yang boleh langsung mendaftar ulang di Undiknas," ujarnya.

Pihaknya juga berencana akan menggelar kegiatan serupa pada tahun-tahun mendatang.  (WDY)

Pewarta: Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017