Negara (Antara Bali) - Objek wisata berupa tebing di ketinggian dengan pemandangan alam yang luas dan indah di Kabupaten Jembrana, belakangan menarik wisatawan lokal untuk mengunjunginya.

Wisata tebing di DUsun Pancaseming, Desa Batu Agung, Kecamatan Jembrana ini, populer setelah postingan dari pengunjung ke media sosial, serta gerakan pengelolaan yang dilakukan masyarakat lokal.

"Objek wisata ini dikenal dengan istilah Tebing Puncak JR. JR sendiri singkatan dari Jumpa Remaja, yang dipopulerkan pemuda wilayah ini," kata Kepala Dusun Pancaseming Ida Bagus Artawan, Rabu.

Ia mengatakan, Sekaa Teruna Teruni (komunitas pemuda -red) Budi Sastra Pancaseming, sering mengadakan pertemuan di lokasi yang indah ini, kemudian mulai mempostingnya ke media sosial, sehingga dikenal masyarakat dari luar desa.

Dari puncak ini, selain pemandangan alam termasuk hutan yang cukup luas, pengunjung juga bisa melihat Kota Negara hingga batas lautnya, dari sejenis tower dari bahan-bahan kayu yang dibangun oleh kelompok pemuda setempat.

Meskipun berada di atas tebing, pengunjung cukup mudah menjangkau lokasi tersebut, karena sudah disediakan tangga menuju ke atas.

“Saya tertarik datang kesini karena melihat foto-foto yang disebar di media sosial. Aslinya memang indah dan alami," kata Indra, salah seorang pengunjung asal Denpasar yang datang bersama kawan-kawannya.

Ia mengatakan, lokasinya yang hanya sekitar tujuh kilometer dari Kota Negara, juga membuat tempat ini lebih mudah untuk dikunjungi, apalagi pengelola hanya memungut sumbang sukarela dari pengunjung.

Menurut Artawan, sumbangan dari pengunjung digunakan untuk memelihara berbagai fasilitas seperti jalan, serta rumah pohon yang baru saja didirikan.

"Sejak dibuka untuk umum bulan Januari lalu, dari sumbangan pengunjung kami bisa memperbaiki beberapa fasilitas termasuk jalan, yang di beberapa lokasi belum baik," katanya.

Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan yang sempat mengunjungi objek wisata ini mengatakan, pihaknya akan merespon upaya swadaya masyarakat lokal dalam membangun dan mengelola Tebing Puncak JR ini, dengan memerintahkan dinas terkait untuk membantu apa yang dibutuhkan.

"Inisiatif dari masyarakat lokal untuk mengenalkan objek wisata di wilayahnya, merupakan sarana promosi yang efektif. Kami tentu akan meresponnya, agar objek wisata ini lebih memiliki daya tarik, seperti dengan penambahan fasilitas," katanya.

Menurutnya, beberapa fasilitas yang akan dibangun di objek wisata tersebut seperti toilet, serta memperbaiki lokasi foto selfie bagi pengunjung agar lebih aman.(GBI)

Pewarta: Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017