Gianyar (Antara Bali) - Hari Peduli Sampah Nasional yang diperingati setiap tanggal 21 Februari disikapi oleh PT. Pos Indonesia dengan menginisiasi kegiatan Pos Indonesia Bergerak. Pos Indonesia Bergerak adalah sebuah kegiatan internal yang bertujuan membangun kesadaran seluruh karyawan PT. Pos Indonesia akan sampah dan membangun empati bagi mereka yang berjasa menjaga kebersihan lingkungan.

Keluarga besar Pos Indonesia, baik di kantor pusat, regional, dan kantor pos seluruh Indonesia, Minggu (26/2), secara serentak melakukan aksi bersih-bersih lingkungan di kota masing-masing sebagai puncak peringatan Hari Peduli Sampah Nasional oleh PT. Pos Indonesia (Persero). Dalam kegiatan "Pos Indonesia Bergerak 2017" tersebut, karyawan Pos Indonesia ditantang untuk berempati dan berbagi dengan berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan.

Begitu pula yang dilakukan personil Kantor Pos Gianyar. Bergabung dengan pegawai Kantor Pos Klungkung dan Kantor Pos Karangasem, sekitar 90 orang pegawai Kantor Pos Gianyar melakukan aksi bersih-bersih di seputaran pusat kota Gianyar. Sejak subuh, aksi bersih-bersih mulai mereka lakukan di seputaran Kantor Pos Gianyar, di Jalan Abimanyu. Kemudian mereka berjalan kaki menuju Taman Kota Ciung Wanara dimana kegiatan mingguan Car Free Day digelar. Sepanjang perjalanan mereka memunguti sampah dan merabas tanaman liar. Di taman kota, truk sampah dari Dinas Lingkungan Hidup Gianyar siap menampung sampah yang mereka kumpulkan.

Kepala Kantor Pos Gianyar, I Gusti Ngurah Gede Mahaputra yang turut serta dalam aksi tersebut mengatakan, sebelumnya aksi bersih-bersih telah dilakukan tanggal 12 Pebruari lalu di lingkungan kantor. Dituturkannya, tujuan kegiatan ini adalah untuk mempererat hubungan persaudaraan seluruh komponen pegawai pos, mendukung program Indonesia Bebas Sampah 2020, serta berempati kepada petugas kebersihan.

"Agar kita menyadari peran penting para petugas kebersihan, bahwa kita sebenarnya sangat tergantung kepada mereka, pada kesempatan ini kita bergabung dengan mereka agar memahami bagaimana peran mereka," urai Mahaputra.

Harapannya, insan pos akan terus termotivasi untuk lebih peduli menjaga lingkungan agar tetap bersih dan nyaman. "Saatnya menumbuhkan kepedulian dari hal kecil dan mengembangkan inovasi di sekitar kita, bergerak bersama bagi negeri," tandas Mahaputra. (*)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017