Singaraja (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Buleleng, Bali, bersama seluruh jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) melakukan pembersihan di 12 titik pantai di Kota Singaraja untuk memperingati hari peduli sampah nasional.

"Pemkab Buleleng melaksanakan pembersihan di areal pantai dengan melibatkan 34 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan 12 Sekolah, " kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng, Nyoman Genep di Singaraja, Jumat.

Ia mengatakan, sebanyak 12 titik tersebut meliputi kawasan pantai Penarukan hingga pantai Segara Penimbangan. Pembersihan ini dipimpin langsung Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST didampingi Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra,Sp.OG dan seluruh Pimpinan OPD lingkup Pemkab Buleleng.

"Memperingati hari peduli sampah nasional ini, seluruh pemerintah Kabupaten dan Kota di Provinsi Bali juga melaksanakan pembersihan secara serentak. Kegiatan ini merujuk pada Surat Edaran Nomor. SE.1/Menlhk-Setjen/Rokum/PLB.3/1/2017," kata dia.

Genep lebih lanjut mengungkapkan, Pemkab Buleleng terus meningkatkan penangaan sampah kususnya di areal pantai, selain juga terus berupaya melakukan penambahan tenaga kebersihan di beberapa pantai.

"Tahun ini kami sudah menambah tenaga kebersihan untuk memaksimalkan pembersihan. Kedepannya kami akan terus tambah lagi namun tentunya melihat anggaran yang ada," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana mengatakan, Pemkab Buleleng selalu mengagendakan pembersihan bersama secara rutin bersama seluruh jajaran pemerintah daerah setempat.

"Selain menindaklanjuti arahan dari Sekda Provinsi Bali, ini juga untuk mewujudkan Buleleng Bebas Sampah yang terus digelorakan oleh Pemkab Buleleng," jelasnya.

Ia berharap masyarakat masyarakat ikut berpartisipasi dalam mewujudkan Buleleng yang bersih. "Menangani masalah sampah kita tidak bisa lakukan sendiri, tentunya harus didukung oleh masyarakat dengan tetap menjaga kebersihan dan tidak buang sampah sembarangan," tegasnya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017