Mangupura (Antara Bali) - Panitia Seleksi (Pansel) Sekretaris Daerah Kabupaten Badung, Bali, memutuskan meloloskan tiga calon pimpinan tinggi pratama (Sekda) di daerah itu yang nantinya bersaing menggantikan pejabat lama yang berakhir masa tugasnya pada Maret 2017.

"Ketiga calon yang lolos itu yakni I Wayan Adi Arnawa, I Made Wira Dharmaja dan dan I Made Sutama," kata Ketua Pansel Sekda Badung, Kompyang R. Swandika, di Mangupura, Rabu.

Tiga calon yang lolos seleksi yakni Wayan Adi Arnawa saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Pendapatan Daerah/Pasedahan Agung Kab. Badung, I Made Wira Dharmaja (Sekretaris DPRD Badung) dan I Made Sutama (Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Badung).

"Awalnya, ada enam orang yang mengikuti tahapan lelang jabatan Sekda ini dan berdasarkan hasil verifikasi yang juga diawasi Ombudsman RI Perwakilan Bali akhirnya memutuskan tiga calon yang lolos akan diusulkan untuk Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama," katanya.

Menurut dia, keenam calon yang mengikuti seleksi secara kinerja cukup baik dan berkualitas. "Namun, sesuai panduan, kami harus menyampaikan tiga kepada komisi ASN di Jakarta dan melaporkan ke pejabat berwenang untuk melaporkan kepada Bupati," ujarnya.

Ia mengatakan, Bupati Badung segera melaporkan tiga calon yang telah mengikuti berbagai tahapan tersebut untuk presentasi dan wawancara, rekam jejak dan hasil assesment kepada Gubernur Bali.

"Kamis (23/2), kami berangkat ke Jakarta untuk melaporkan hasil akhir seleksi ini. Mudah-mudahan rekomendasi dari Jakarta bisa segera kita dapatkan sebagai dasar bupati menetapkan," ujarnya.

Kompyang didampingi Tim Pansel penjaringan I Ketut Rochineng, Prof DR Wayan Gede Supartha, Drs Ketut Bugis, Drs I Made Nariana serta Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Badung, I Gede Wijaya itu menilai berdasarkan skor tertinggi.

"Pada prinsipnya keenam calon memiliki spirit pengabdian kepada masyarakat Badung dan itu sangat kami hargai, hanya saja karena undang-undang kami harus memilih tiga," katanya.

Ia mengharapkan ketiga calon yang tidak terpilih tetap totalitas mengabdi kepada masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Badung.

Sebelumnya, enam pejabat yang mendaftar sebagai Calon Sekda Badung yakni Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu I Made Sutama, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan I Wayan Suambara.

Selain itu, Kepala Dinas Perikanan I Made Badra, Kepala Dinas Kesehatan I Gede Putra Suteja, Kepala Badan Pendapatan Daerah/Pesedahan Agung I Wayan Adi, dan Sekretaris DPRD Badung I Made Wira Dharmajaya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017