Mangupura (Antara Bali) - Tim Sapu Bersih Pungutan Liar Pemerintah Provinsi Bali dan Tim Saber Pemerintah Kabupaten Badung dalam upaya pemberantasan pelanggaran hukum di daerah itu.

Wakil Ketua Satgas Saber Pungli Provinsi Bali I Ketut Teneng di Mangupura, Selasa, mengatakan upaya koordinasi dengan tim saber Pemkab Badung untuk menyamakan persepsi dalam melaksanakan tugas-tugas memberantas pungli itu.

"Saya mengharapkan koordinasi ini dapat diikuti seluruh anggota tim Saber Pungli yang dipimpin perangkat daerah, sehingga semua kegiatan saber pungli dapat terlaksana dengan baik di Badung," kata I Ketut Teneng yang juga selaku Kepala Inspektorat Pemprov Bali.

Tidak hanya di Badung, lanjut Ketut Teneng, kegiatan serupa juga dilakukan diseluruh kabupaten/kota di Pulau Dewata, agar tim Saber Pungli ini Sudah terbentuk dan telah bergerak.

"Dengan telah terbentuknya Tim Saber Pungli di Badung ini juga harus menyosialisasi kepada seluruh perangkat daerah, sekolah, desa serta ke tokoh-tokoh masyarakat agar turut berperan aktif mencegah adanya Pungli ini," katanya.

Sebelumnya, Pemprov Bali sudah melakukan pengukuhan Unit Satgas Saber Pungli berdasarkan Keputusan Gubernur Bali Nomor 2022/02-B/HK/2016.

"Struktur Satgas Saber Pungli Provinsi Bali ini, terlibat unsur Inspektorat Provinsi Bali, Polda Bali, Kejati Bali, Kanwil Hukum-HAM Provinsi Bali, BIN, Ombudsman, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), tokoh masyarakat dan kalangan akademisi," katanya.

Ia mengatakan, tugas Satgas Saber Pungli Provinsi Bali ini untuk mencegah, penindakan, hingga yustisi. "Kami ingin fokus kepada ketiga hal ini, agar jangan sampai pejabat yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT)," ujarnya.

Dalam koordinasi tersebut juga diisi sosialisasi dari Polda Bali, Kejaksaan dan Ombudsman tim Saber Pungli.

Dalam acara itu, dihadiri Tim Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Saber Pungli Provinsi Bali, Ketua Harian Saber Pungli Kabupaten Badung yang dipimpin Wakapolres Badung Kompol Erwin Pratomo, Tim Saber Pungli.

Sementara itu, Ketua Harian Saber Pungli Badung Erwin Pratomo menyampaikan apresiasi atas arahan dan motivasi dari Tim Saber Pungli Provinsi Bali di Kabupaten Badung.

"Melalui koordinasi ini, diharapkan pelaksanaan tugas-tugas saber pungli di Badung betul-betul satu visi dan misi, ada target maupun sasaran yang jelas," katanya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017