Denpasar (Antara Bali) - Warga India di Bali memperingati Hari Republik ke-68 yang dipusatkan di kantor konsulat jenderal negara tersebut di Denpasar, Kamis.

Konsul Jenderal India, R.O Sunil Babu memimpin upacara bendera tersebut diiringi lagu kebangsaan "Jana Gana Mana" dan dilanjutkan lagu partiotik yang dibawakan oleh 40 siswa Gandhi Memorial International School di Denpasar.

Dalam kesempatan itu, Sunil Babu menyampaikan pidato Presiden India Pranab Mukherjee yang di antaranya menyebutkan pencapaian negara tersebut yang dinilai signifikan dalam berbagai bidang seperti pendapatan perkapita yang melonjak.

Selain itu angka melek huruf yang meningkat, penurunan angka kemiskinan, tingkat harapan hidup serta pertumbuhan dunia teknologi serta industri dan pertanian yang lebih maju.

Meski demikian Presiden India mengingatkan warganya di tengah persaingan untuk mencapai sejumlah target di antaranya pertumbuhan ekonomi, ketahanan pangan, kesempatan kerja bagi pemuda dan memastikan keselamatan dan keamanan bagi wanita dan anak-anak.

Terkait hubungan internasional khususnya dengan Indonesia, Sunil Babu mengatakan bahwa kedua negara memiliki hubungan yang lebih erat sejak negaranya merdeka tahun 1947. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Dewa Wiguna

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017