Masa muda adalah masa dimana seorang anak manusia mencari jati diri: mengeksplorasi kemampuan fisik dan alam hati, menerjang bata suntuk mencari sesuatu yang menarik nurani. Itulah yang dilakukan KadekAdji Prabawa Putra dalam mencari jati diri melalui penciptaan "lukisan digital".
Pencarian ini setidaknya membuahkan hasil positif bagi Adji (begitu panggilannya), Siswa  SMAN 6 ini berhasil meraih juara 1 tingkat nasional dan juara 3 tingkat provinsi di bidang  fotografi.
 Apa yang dialakukan? Mari kita simak tulisan ini.

Mengenal Kamera Sejak  SMP

Minat di bidang seni, khususnya seni visual, ada dalam diri Adji sejak duduk di bangku SMP. Adji mengawali minatnya dengan mengenal kamera DSLR yang saat itu dimiliki oleh kakaknya, Putu Putri Ratnasari.

Seperti anak SMP pada umumnya, saat itu Aji men-take foto pada obyek-obyek selfi dan momen keluarga. Tak ayal, sejak SMP, Adji sudah terbiasa menjadi "fotografer keluarga" yang selalu "berambisi" mengambil gambar-gambar keluarga dimana pun juga dalam acara apa pun juga. Seru ya?
 
Dengan kegemarannya menciptakan secuel foto keluarga, kemampuan mengatur komposisi gambar perlahan lahan terasah tajam. Adji terbiasa melihat foto-foto karya maestro, dan segala teknik komposisi secara tidak langsung dia terapkan dalam mengambil gambar dalam situasi apapun juga.

Melihat minat yang dimiliki Siswa SMAN 6 Jurusan IPA ini selalu didukung sang papa Man Balian. Adji saat ini sudah menapakkan kaki di bangku SMA, tidak lagi menggunakan kamera DSLR tingkat dasar, namun sudah menggunakan perlengkapan kamera di tingkat yang lebih tinggi.

Prestasi di Sixma

Masuk bangku SMA, Adji sudah mempunyai bekal, tekad, kemauan dan perlengkapan. Secara otodidak, Adji terus mengembangkan kemampuannya mengambil momen-momen indah dalam kehidupan. Pembelajaran yang baik muncul ketika pembelajaran tersebut diuji. Benar saja Adji dengan keberanian menguji kemampuannya dalam lomba-lomba baik tingkat nasional maupun pada tingkat provinsi.

Beberapa lomba yang Adji ikuti membuahkan hasil yang gemilang diantaranya Juara1 Fotografi tingkat Nasional dalam Pekan Jurnalistik 2016 yang diselenggarakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa PCYCO Fakultas Kedokteran Unversitas Udayana. Selain itu dalam waktu  yang tidak berselang lama Adji memenangkan Juara 3 Lomba Fotografi on The Spot tingkat Provinsi yang diselenggarakan oleh  Unit Kegiatan Mahasiswa Udayana  Focus Universitas Udayana.

Prestasi ini begitu diapresiasi sebagai prestasi siswa SMA Negeri 6 Denpasar  (Sixma)  yang dipersembahkan bagi sekolah di Upacara Bendera hari  PGRI ke-71 tahun 2016 sebagai Pembina upacara Kepala Sekolah SMAN 6 Drs. I Nyoman Mudita, S.Pd. Menjadi suatu kebanggaan sekolah ketika beberapa siswanya menorehkan prestasi tingkat nasional di usia mudanya. Prestasi ini tidak lepas dari dukungan Sekolah dan terutama Orang Tua di segala bidangnya seperti dukungan finansial, dukungan waktu, dukungan moral dan motivasional.

Harapan dan Cita-cita

Bagi Adji, pembelajaran dan tindakan "saat inilah" yang bisa memberikan kenyataan pada harapan di masa depan. "Sekarang saya akan memperbanyak membuat foto dan video, ditambah ikut lomba-lomba, disana nanti saya akan banyak belajar", ungkap Adji ketika ditanya tentang cita-cita dan harapannya.

"Jika orang tua mendukung, saya kepingin menjadi sutradara", ungkapnya lagi. Benar saja, karena dalam waktu dekat, Adji akan membuat film dokumenter bersama teman-teman kelasnya. "Tetap semangat saja, tetap berkarya. lakukan yang terbaik, pasti bisa", ungkap Adji menutup pembicaraannya. (*)


Biodata Kadek Adji Prabawa Putra
Tangal lahir          : 9 Oktober 1969
Tempat lahir        : Singaraja
Sekolah               : SMA Negeri 6 Denpasar
Kelas / Jurusan    : XI IPA
Prestasi            : Juara1 Fotografi tingkat Nasional pada Pekan Jurnalistik 2016
                       Juara 3 Fotografi tingkat Provinsi pada acara Udayana Focus  Anniversary and Charity

Keluarga
Ayah             : Man Balian
Ibu                : Minnie Cua
Kakak          : Putu Putri Ratnasari
Adik             : Nyoman Asih Puspita

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017