BBMKG terbitkan peringatan dini cuaca di Bali

Pewarta : Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

BBMKG terbitkan peringatan dini cuaca di Bali

Arsip foto - Warga memancing di pesisir dengan ombak cukup tinggi di Pantai Purnama, Gianyar, Bali, Rabu (10/4/2024) ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar menerbitkan peringatan dini cuaca buruk yakni potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat dan angin kencang diperkirakan pada 23-25 April 2024.

“Kami membuka layanan informasi cuaca 24 jam,” kata Kepala BBMKG Wilayah III Cahyo Nugroho di Denpasar, Selasa.

Berdasarkan pengamatan BBMKG Wilayah III, peringatan dini cuaca itu diperkirakan berlangsung dalam durasi singkat.

Adapun dari hasil analisis BBMKG Wilayah III, pada Selasa ini wilayah yang berpotensi mengalami cuaca tidak bersahabat itu yakni Kabupaten Buleleng, Tabanan, Jembrana, Klungkung, Karangasem dan Bangli.

Kemudian pada Rabu (24/4) diperkirakan terjadi di Kabupaten Tabanan, Buleleng, Jembrana, Badung, Gianyar, Klungkung dan Kota Denpasar.

Selanjutnya pada Kamis (25/4) diperkirakan terjadi di Kabupaten Jembrana, Tabanan, Buleleng, Badung, Gianyar, dan Klungkung.

Ia mengimbau masyarakat untuk waspada dan hati-hati terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan yakni pohon tumbang, kilat, banjir, genangan air, dan tanah longsor.

Selain itu, bagi pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan dan wisata bahari serta masyarakat pesisir, pihaknya mengimbau mewaspadai potensi gelombang laut dengan ketinggian mencapai dua meter atau lebih di perairan selatan Bali.

Sedangkan secara umum kecepatan angin di wilayah perairan Bali diperkirakan 15 knot di Selat Bali bagian selatan, dan di Selat Badung. Kemudian 20 knot diperkirakan terjadi di perairan selatan Bali Samudera Hindia.

Sebelumnya, BBMKG Denpasar menyebutkan bahwa saat ini terjadi musim transisi atau peralihan dari musim hujan ke musim kemarau sehingga berpotensi menimbulkan cuaca kurang bersahabat tersebut.

Cahyo mengimbau masyarakat juga dapat mengakses informasi terkini terkait cuaca melalui balai3.denpasar.bmkg.goi.id.

Kemudian kanal media sosial di telegram melalui @warningcuacabali, facebook di BBMKG Wilayah III Denpasar dan di kanal X (twitter) @bbMKG3 serta instagram di @bmkgbali, dan aplikasi INFO BMKG yang dapat diunduh di appstore dan playstore.

Editor:
COPYRIGHT © ANTARA News Bali