Penerbangan Langsung Indonesia-India

Pewarta :

Penerbangan Langsung Indonesia-India

Jakarta (Antara Bali) - Menteri Perdagangan dan Industri India Anand Sharma memandang perlu adanya penerbangan langsung dari Indonesia ke India dan sebaliknya, mengingat semakin meningkatnya perekonomian antara kedua negara itu.

"Selama ini masyarakat India ataupun Indonesia ke India harus melalui negara lain untuk sampai ke tujuan. Oleh karena itu, diperlukan penerbangan langsung," ujar Anand Sharma usai membuka pameran India  bersama Menteri Perdagangan Indonesia Gita Wirjawan di Jakarta, Selasa.

Ia menginformasikan bahwa jumlah masyarakat India yang berkunjung ke Indonesia semakin meningkat menyusul meningkatnya hubungan dagang kedua negara.

Pada tahun lalu, kata dia, jumlah warga India yang berkunjung ke Indonesia, baik dalam rangka bisnis maupun berlibur, mencapai 160.000 orang. Sebaliknya, jumlah orang Indonesia yang berkunjung ke India hanya 30.000 orang.

Ketiadaan penerbangan langsung itu, menurut Anand, menyulitkan wisatawan untuk berkunjung langsung ke Indonesia ataupun sebaliknya. Karena itu, saat ini tujuan wisata masyarakat India lebih banyak ke Singapura, Malaysia, dan Thailand.(*/T007)
Editor: Nyoman Budhiana
COPYRIGHT © ANTARA News Bali