Amlapura (Antara Bali) - Sebanyak 646 mahasiswa Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) Denpasar melaksanakan kuliah kerja nyata di Kabupaten Karangasem dan Klungkung.

Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri didampingi Rektor Undiknas Prof.Gede Sri Darma, DBA melepas ke-646 mahasiswa tersebut, Sabtu.

Bupati I Gusti Ayu Mas Sumatri memberikan apresiasi kepada Undiknas karena menjadikan Karangasem sebagai tempat pelaksanaan KKN.

Kehadiran ratusan mahasiswa diharapkan mampu membantu mewujudkan visi dan misi Pemkab Karangasem tahun 2016-2021, sesuai dengan visi Cerdas mengandung makna agar terwujudnya masyarakat yang cerdas berdasarkan spiritual, cerdas emosional dan sosial dan cerdas intelektual.

"Untuk mewujudkan visi tersebut terdapat kendala seperti Indeks Pembangunan Manusia yang masih rendah dan tingkat kemiskinan yang masih tinggi serta rata-rata lama sekolah masyarakat masih rendah," ujar Bupati Ayu Mas Sumatri.

Ia mengingatkan dalam menghadapi kendala tersebut peran perguruan tinggi diharapkan mampu membantu menghadapi dan mengentaskan kendala serta permasalahan yang dihadapi dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tri Dharma itu antara lain pendidikan dan pengajaran, pemkab berharap dapat mencetak insan-insan Karangasem yang cerdas, memiliki ahlak mulia serta memiliki keterampilan yang diperlukan.

Rektor Undiknas Prof.Gede Sri Darma, DBA menjelaskan, KKN dilaksanakan setelah adanya MOU kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Karangasem dengan Undiknas.

Pelaksanaan KKN diharapkan dapat membantu mewujudkan visi Karangasem yakni mencerdaskan masyarakat tempat pelaksanaan KKN.

Ia mengharapkan kepada Kepala Desa agar mau ikut membimbing mahasiswa, jika melakukan kesalahan agar dinasehati.
Ketua Panitia KKN I Nengah Wirsa,SE.MM melaporkan pelaksanaan KKN di kabupaten Karangasem dilaksanakan di 18 Desa di Kecamatan Sidemen dan Selat berlangsung hingga 30 Desember 2016. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016