Denpasar (Antara Bali) - Wakil Rektor Sampoerna University Dr. M. Gunawan Alif akan tampil sebagai pembicara di hadapan sekitar 100 pelajar Sekolah Menengah Umum (SMU) di Bali sebagai upaya menumbuhkan minat usaha wirausaha di Pulau Dewata.

"Dr. M. Gunawan Alif akan membahas pentingnya kehadiran sebuah sistem edukasi pendidikan tinggi berkurikulum internasional yang mampu mengasah kreativitas," kata Tika salah seorang panitia kegiatan tersebut, Senin.

Ia mengatakan, kegiatan lokakarya yang akan digelar Selasa (6/12) di sebuah hotel di Kuta tersebut untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis generasi muda, khususnya dalam membentuk mereka menjadi wirausahawan yang memiliki kompetensi serta perspektif global dalam mengembangkan peluang bisnis.

Hal itu dinilai sangat penting, karena generasi muda akan memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah dan siap bersaing di tingkat nasional maupun global dalam persaingan yang semakin ketat itu.

Lebih-lebih di Bali saat ini jumlah wirausahawan muda masih terbilang rendah. Data dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) menunjukkan bahwa dari 3,9 juta penduduk Pulau, baru dua persen diantaranya berprofesi sebagai wirausahawan.

Ketertinggalan tersebut harus segera dikejar, terlebih mengingat tahun ini Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) telah dimulai. Dengan terciptanya pasar bebas di bidang permodalan, barang, jasa, serta tenaga kerja, sangat penting bagi Bali sebagai wilayah yang memiliki posisi dan peran strategis dalam pembangunan ekonomi nasional.

Oleh sebab itu sangat penting artinya untuk terus mempersiapkan wirausahawan muda berkualitas yang mampu memajukan negara sekaligus bersaing di tingkat internasional.

Untuk itu pemerintah agar terus memacu gairah wirausaha di tengah generasi muda Indonesia.

Ia mengharapkan usaha wirausaha akan segera menjadi salah satu alternatif utama bagi generasi muda dalam berkarya, sehingga nantinya mereka tidak lagi berburu lowongan pekerjaan, namun berupaya mencari peluang bisnis dan menjadikan peluang tersebut sebagai pintu masuk ke dunia wirausaha.

Oleh karena itu, Indonesia perlu menyiapkan calon wirausaha yang berkualitas sejak di tingkat pendidikan tinggi.

Hal itu pula mendasari fokus pendidikan di Sampoerna University sebagai bagian dari Sampoerna Schools System. Dengan menggunakan sistem pendidikan Amerika, Sampoerna University memiliki kerja sama dengan Universitas ternama Oregon State University sehingga para mahasiswa bisa mendapatkan kesempatan untuk langsung mendalami studi bisnis kelas dunia di Amerika Serikat dan mendapatkan "double degree".

Dengan demikian, mereka akan memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah dan siap berkompetisi di tingkat nasional maupun global, ujar Tika. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Wayan Artaya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016