Kuta (Antara Bali) - Bupati Badung, Bali, I Nyoman Giri Prasta meminta 25 tim yang berpartisipasi dalam turnamen sepak bola Bupati Badung Cup 2016 menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas sehingga kegiatan itu mampu mencetak pemain berkualitas.

"Saya minta para tim sepak bola tidak bermain curang dan kepada wasit yang memimpin pertandingan agar bersikap netral atau memihak," kata Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dalam sambutannya di Lapangan Samudera Kuta, Minggu.

Dalam turnamen itu, Pemkab Badung menyiapkan hadiah berupa uang tunai dengan total mencapai Rp25 juta dan memberikan bonus tambahan untuk tim yang meraih peringkat pertama sebesar Rp15 juta, peringkat kedua (Rp10 juta) dan peringkat ketiga (Rp5 juta).

Giri Prasta menegaskan, Turnamen Sepak Bola Bupati Badung Cup 2016 tersebut merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Badung untuk menggerakkan sepakbola di daerah itu yang sempat vakum.

"Turnamen pertama ini saya percayakan kepada Askab PSSI Badung dan Tahun 2017 akan saya evaluasi pelaksanaan. Apabila pelaksanaan turnamen ini sukses Pemkab Badung siap memfasilitasi pendanaannya berapa pun itu yang disiapkan dari APBD," kata Giri Prasta

Selain itu, Giri Prasta menjanjikan atlet asal Kabupaten Badung yang berhasil menorehkan prestasi gemilangnya dalam ajang Porprov Bali 2017, untuk semua cabang olahraga sepakbola, pihaknya siap mengangkat atlet itu menjadi pegawai di Pemkab setempat.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Kadisdikpora) Kabupaten Badung Ketut Widia Astika mengatakan, turnamen tersebut merupakan upaya nyata Pemkab Badung untuk menumbuhkan dan menggelorakan semangat olahraga khususnya cabang olahraga sepak bola di daerah itu.

"Kegiatan ini juga sebagai upaya mencari atlet sepak bola yang nantinya memperkuat tim kesebelasan Bdung dalam kejuaraan Porprov Bali 2017," kata Ketut Widia Atika yang juga selaku Ketua Panitia penyelenggara acara tersebut.

Ia menerangkan, 25 tim yang berpartisipasi dalam acara itu terbagi menjadi dua zona yakni zona Badung Utara sebanyak 12 tim dan zona Badung selatan 13 tim.

"Lapangan sepak bola yang dipergunakan di zona Badung Utara adalah Lapangan Mengwi dan Lapangan Tjok Tresna Desa Sobangan," ujarnya.

Sedangkan, pada zona Badung Selatan mempergunakan Lapangan Samudera Kuta dan Lapangan Yoga Perkanthi. Untuk pertandingan ini babak penyisihan akan menggunakan sistem setengah kompetisi dan dalam babak delapan besar menggunakan sistem gugur.

Dalam acara pembukaan turnamen itu turut dihadiri anggota DPRD Badung I Gusti Ngurah Saskara, I Gusti Sudiharsa, Ketua Umum Asprov PSSI Bali, Ketua Askab PSSI Badung I Nyoman Graha Wicaksana dan Camat Kuta. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016